Pembangunan Stadion, Pemkab Sampang Butuh Suntikan Rp500 Miliar

  • Whatsapp
(FOTO: KM/DOKUMEN) PRIORITAS: Pemkab Sampang tidak mampu bangun stadion dari APBD, maka minta ke pemerintah pusat Rp500 miliar.

KABARMADURA.ID, SAMPANG – Setelah menyelesaikan tahapan pembebasan lahan untuk pembangunan lapangan olahraga sepak bola, kini pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang ngebet untuk segera melaksanakan pembangunan stadion di Kecamatan Camplong. Namun sayangnya untuk mempercepat pembangunan stadion itu membutuhkan suntikan dana dari pemerintah pusat sebesar Rp500 miliar.

Kepala Bidang (Kabid) Olahraga Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Sampang mewakili Pelaksana tugas (Plt) Kapala Dinas Imam Sanusi mengatakan, jika kebutuhan lahan untuk pembangunan stadion yang sudah dibebaskan oleh pemerintah daerah dengan menggunakan APBD sekitar 10 hektar, sementara untuk proses pembangunan gedung stadionnya masih mengajukan kepada pemerintah pusat.

Bacaan Lainnya

“Di tahun 2021 ini pemerintah daerah mengajukan anggaran biaya pembangunan stadion kepada pemerintah pusat,dengan nilai mencapai ratusan miliar,” ucap Ainur Rofiq saat dikonfirmasi awak media, Rabu (2/12/2020).

Dirinya membeberkan, untuk proses pengusulan anggaran pembangunan stadion itu, sudah ditandatangani oleh Bupati Sampang melalui Bapelitbangda setempat dengan besaran pagu anggaran mencapai senilai Rp 500 miliar, yang bersumber dari anggaran pendapatan belanja Negara (APBN) pada tahun 2021.

Bahkan, proses pengajuan anggaran pembangunan stadion tersebut sudah dipresentasikan kepada pemerintah pusat, jadi tinggal proses survei dari pusat untuk menghitung kembali rencana anggaran pembangunannya.

“Jika tidak sukses, kemungkinan bisa dikerjasamakan dengan investor untuk pembangunan stadionnya, tapi yang terpenting pemerintah daerah sudah mengambil langkah dan berupaya agar Sampang segera memiliki stadion,” terangnya.

Lanjut Rofiq, harapan mendapatkan bantuan untuk pembangunan stadion dari pusat, sejatinya sudah mendapatkan lampu hijau dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bapenas) sangat merespo, jadi tinggal menunggu hasilnya, semoga di tahun 2021 usulan itu disetujui.

Sebelumnya, Bupati Sampang H. Slamet Junaidi menegaskan untuk pengajuan anggaran pembangunan stadion tersebut ditargetkan pada 2021 sudah bisa dimulai, jadi pada tahun 2022 atau 2023 Sampang sudah memiliki stadion, bahkan sudah bisa digunakan untuk aktifitas olahraga.

“Kami harap pembangunan stadion ini segera terealisasi dan bisa bermanfaat kepada masyarakat terutama para pemuda. Stadion ini nanti bisa menjadi stadion terbesar di pulau Madura,” tegasnya. (sub/mam)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *