Pembangunan Waterbase Jalan di Tempat

  • Whatsapp
(FOTO: KM/MOH RAZIN) Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sumenep Agustiono Sulasno

KABARMADURA.ID, SUMENEP – Rencana akses transportasi pembangunan bandar udara (bandara) perairan atau waterbase di Pulau Kangean sampai saat ini masih jalan di tempat. Kendati sudah digaungkan sejak tahun 2019 lalu, namun sampai saat ini belum ada kejelasan.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sumenep Agustiono Sulasno mengatakan, pembangunan yang digadang-gadang sejak tahun 2019 lalu, sementara saat ini hanya menentukan titik kordinatnya saja.

Bacaan Lainnya

“Rencana awal ada tiga titik yang menjadi target, tapi tempat yang strategis dan sudah disurvei yaitu di Kangean,” katanya, Selasa (5/1/2021).

Pembangunan bandara perairan itu merupakan upaya awal agar pesawat udara perairan atau seaplane bisa beroperasi di Sumenep. Agus menginginkan agar sejumlah wilayah di kepulauan, menjadi bagian dari jalur penerbangan pesawat guna memberikan alternatif moda transportasi bagi warganya.

“Tapi untuk waterbase memang menunggu dari Kementerian Perhubungan, sebab yang menganggarkan nanti dari sana, kalau kami hanya bertugas di pembebasan lahannya saja,” imbuhnya.

Ia melanjutkan, untuk tugas daerah  hanya tempat parkir dan ruang tunggu. Termasuk lahan akses masuknya. Bahkan pihaknya juga belum menganggarkan kebutuhan lahan yang kurang lebih membutuhkan sekitar 1 hektar. Sementara untuk fisik waterbase sepenuhnya dari pemerintah pusat.

“Untuk tahun ini waterbase masih perencanaan, anggarannya jika nanti disetujui Kementerian Perhubungan, paling dimaksimalkan di PAK,” paparnya. (ara/mam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *