Pembayaran Produk UMKM di Bangkalan Lamban

(FOTO: KM/HELMI YAHYA) RUMIT: Proses penerimaan dan pembayaran produk lokal di Bangkalan untuk dijual di toko modern cukup sulit.

KABARMADURA.ID | BANGKALAN -Keberadaan  toko modern, seperti Indomaret harus mengakomodir produk lokal Bangkalan. Hanya saja dalam perjalanannya, sistem pembayaran produk lokal yang sudah  terjual lambat dan memberatkan pengusaha mikro. Hal ini diungkapkan Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron, Minggu (2/1/2021).

Menurutnya salah satu indikasi lambatnya pembayaran tersebut, lantaran produk lokal akan dibayar ketika penyetoran ketiga. Sedangkan kewajiban mengakomodir produk lokal, sebenarnya sudah diatur dalam Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2016 tentang Perlindungan Pasar Rakyat dan Penataan Pasar Modern.

“Indomaret harus mengakomodir minimal 20 persen produk lokal dan sistem pembayarannya harus lancar. Bila perlu, harus diubah, yang awalnya dibayar setelah penyetoran produk ketiga menjadi dibayarkan langsung sesuai produk yang dimasukkan. Atau mungkin ada kebijakan lain yang bisa memudahkan pelaku UMKM,”  ucapnya.

Bacaan Lainnya

Menanggapi hal itu, Kepala Cabang Indomaret Gresik Veronica Gratiawati mengaku, sudah menyediakan rak khusus produk UMKM di setiap Indomaret. Hanya saja, masih di luar atau di depan Indomaret. Sementara untuk bisa masuk ke dalam, memang harus melalui berbagai tahapan dan penyortiran produk, mulai dari sertifikasi halal, kemasan, rasa dan hal-hal lainnya.

“Kalau terkait pembayarannya, pastinya akan berbeda dengan produk-produk bermerek dan suplayer besar. Kami sudah mulai dari daerah-daerah lain, kami juga menyadari bahwa pengakomodiran produk UMKM tertuang dalam perda Bangkalan,” responnya.

Sehingga pihaknya memastikan untuk mengakomodir, meski untuk masuk ke dalam harus melalui banyak tahapan dan pembayarannya berbeda dengan produk bermerek. “Nanti ada MoU tersendiri terkait hal itu. Kami akan coba pikirkan bagaimana komposisinya, yang jelas kami siap membantu,”  jelsnya.

Reporter: Helmi Yahya

Redaktur: Totok Iswanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.