Pembebasan Lahan Serpang Ditarget Segera Tuntas

  • Whatsapp
KM/SUBHAN TONY MOERDIWANTO: Kepala Bappelitbangda Kabupaten Sampang

Kabarmadura.id/Sampang-Rencana pembebasan lahan pembangunan jembatan yang menyambungkan antara Kecamatan Sereseh dengan Kecamatan Pangarengan, atau yang biasa disebut dengan istilah Serpang ditarget tuntas tahun 2020.

Kepala Badan Perencanaan dan Penelitian, Pengembangan Pembangunan Daerah (Bapelitbangda) Kabupaten Sampang Tony Moerdiwanto mengatakan, beberapa waktu lalu, penetapan lokasi (penlok) Serpang sudah keluar.

Pihaknya mengaku, sudah menugaskan konsultan dengan pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), kecamatan dan desa setempat untuk segera mendata lokasi pembebasan lahan.

Menurutnya, manakala sudah siap tinggal nanti penlok sama pendataannya diserahkan ke BPN Sampang. Setelah semua selesai itu, tinggal ke Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP) untuk menentukan nilai harga.

Pihaknya mengaku, tidak ingin berlarut-larut untuk rencana pembebasan lahan tersebut, sebisa mungkin pada bulan Oktober proses pembayaran lahan yang akan dibebaskan diselesaikan.

“Kita sudah menyediakan dana tambahan melalui perubahan anggaran sebesar Rp9,9 miliar, sedangkan dana yang murni Rp10 miliar, maka total dana pembebasan lahan Serpang sebesar Rp19,9 miliar, dan harus terserap tahun ini,” terangnya, Senin (26/8).

Kata Tony (sapaan akrabnya), pada tahun 2020 mendatang, pihaknya harus menganggarkan kembali untuk pembebasan lahan sekitar Rp15 miliar untuk melanjutkan proses pembebasan lahan Serpang.

Setelah pembebasan lahan itu tuntas, pihaknya akan mengajukan ke pemerintah pusat untuk dilakukan proses pembangunan, karena untuk pembebasan lahan sepenuhnya dibiayai oleh APBD Sampang.

Tony mengaku, beberapa waktu lalu sudah meminta dukungan kepada pemerintah Provinsi Jawa Timur, karena Kabupaten Bangkalan hingga saat tampaknya belum ada progres.

“Intinya tahun 2020 mendatang, proses pembebasan lahan Serpang ini harus sudah tuntas dan segera mengajukan ke pusat untuk dibangun, karena di kawasan Serpang ini terdapat sebanyak lima jembatan,” tandasnya. (sub/pin)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *