Pembelian Gudang Tembakau di Sumenep Mematok Harga Rp29-40 Ribu per Kilogram

  • Whatsapp
(FOTO: KM/IMAM MAHDI) KAWAL KETAT: Naiknya harga tembakau bakal diawasi terus menerus oleh legislatif.

KABARMADURA.ID, SUMENEP -Dua gudang tembakau sudah mulai dioperasikan. Keduanya sudah melakukan pembelian. Kondisi tersebut menjadi perhatian serius kalangan legislatif. Sebab, wakil rakyat itu tidak ingin nantinya ada permainan harga pembelian tembakau. Maka dari itu berjanji akan terus mengawasi harga pembelian di sejumlah gudang tembakau.

Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumenep Juhari mengatakan, berdasarkan hasil sidak Komisi II DPRD bersama organisasi perangkat daerah (OPD) kepada gudang tembakau, harga dari gudang sangatlah meyakinkan. Yakni, Rp29-Rp40 per kilogram (kg), ada juga yang harga Rp36-Rp46 per kg, tergantung kualitas tembakau. Untuk sementara harga sudah baik meski demikian ke depan akan tetap dikontrol langsung.

“Kami akan kawal terus harga tembakau, dalam artian takut-takut hasil tembakau petani tidak sesuai harga yang dipatok tersebut,” katanya, Kamis (26/08/2021)

Dia mengatakan, berdasarkan daftar di Gudang PT Giri Dipta Sentosa di Guluk-Guluk daftar harga bervariasi, yakni ada 02+ atau tembakau yang kering tetapi terkena hujan harganya Rp29 ribu per kg, 3= atau agak bagus dan seterusnya  harganya Rp31 ribu hingga harga Rp30 ribu per kg.

“Nantinya akan berpotensi naik,” tegasnya.

Menurut Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu, jika nantinya ada yang tidak sesuai dengan kondisi di lapangan, maka legislatif akan bertindak lagi. Pihak pabrikan dan OPD terkait akan dikumpulkan membahas masalah harga tembakau lagi.

“Kami sangat apresiasi. Tetapi, jika tidak sesuai awas,” tuturnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumenep Agu Dwi Saputra mengatakan, harga tembakau di beberapa gudang sudah cukup bagus. Harapannya, para petani dapat bersyukur karena nantinya tidak sia-sia.

Jika berkaca pada tahun sebelumnya, harga lebih bagus saat ini, para petani tidak merugi. Disperindag akan terus mengupayakan harga tersebut stabil.

“Gudang sudah mematok harga yang tinggi, khusus Gudang Garam akan berpotensi naik” ucap dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Sumenep Didik Wahyudi mengatakan, harga tembakau sudah cukup bagus. Serta target serapan tembakau di masing-masing gudang sangat mapan. Dijelaskannya, untuk PT Gelora Jaya di Gedungan dari izin kuota 300 ton naik jadi 500 ton, bahkan Gudang PT Giri Dipta Sentosa pengambilan hingga 1500 ton.

“Saat ini gudang sudah bersanding dengan pemerintah dan dua gudang sudah diperbolehkan buka,” tukasnya. (imd/mam)

Dua Gudang Tembakau Mulai Melakukan Pembelian

– Gudang PT Giri Dipta Sentosa di Guluk-Guluk (Gudang Garam)
Patok harga Rp29-Rp40 ribu per kilogram.

– PT Gelora Jaya di Gedungan (Gudang Wismilak)
Patok harga Rp38-Rp46 ribu per kilogram.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *