oleh

Pembersihan Alat Peraga Kampanye Belum Tertangani Maksimal

Kabarmadura.id/BANGKALAN-Masa kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 telah berkahir pada hari Sabtu, (13/4) kemarin. Namun kemarin, Senin (15/4), masih banyak alat peraga kampanye (APK) yang terpasang di jalan-jalan maupun di pohon.

Pemandangan itu banyak ditemukan di Bangkalan wilayah utara dan selatan. Hingga berita ini diturunkan, masih ada beberapa APK yang terpasang. Paling banyak APK adalah milik calon anggota anggota legislatif (caleg).

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Ahmad Mustain Saleh tidak menampik bahwa sampai masa tenang ini masih banyak APK yang terpasang. Dia sudah menghimbau tim kampanye maupun panitia pemilihan, baik di desa maupun kecamatan untuk segera menurunkan APK-APK tersebut.

“Kami hari ini sudah bekerja keras menurunkan paksa APK-APK tersebut karena memang hari ini tidak boleh ada APK yang terpasang selama masa tenang berlangsung,” katanya.

APK yang masih terpasang baik di jalan maupun pohon ini jumlahnya sangat banyak. Sehingga dirinya sedikit kewalahan untuk menurunkannya.

“kami sebenarnya sudah mengimbau agar semua tim kemenangan untuk menurunkan sendiri APK ini, tapi terkendala tenaga, sebenarnya sudah berkoordinasi dengan panwas baik tingkat kecamatan dan satpol PP, KPU, dishub, TNI dan polisi, tapi APK nya jumlahnya mencapai ribuan,” keluhnya.

Sedangkan menurut Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangkalan Faisal Rahman, dirinya hari ini (Kemarin, red) telah menurunkan paksa APK-APK yang masih mokong terpasang.

“Hari ini kami sudah bersama-sama Bawaslu menurunkan paksa seluruh APK. Untuk APK yang belum diturunkan, semuanya masih dalam tahap proses,” ungkapnya, Senin (15/4).

Sementara itu berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan oleh pengamat politik Surokim, masa tenang ini juga tidak menuntut kemungkinan masih adanya kampanye terselubung.

“Jikalau hasrat politik kita, kita turunkan seperti mamalia. Seketat-ketatnya regulasi yang telah dibikin pun masih ada usaha menerobosnya. Bagaimana yang masih kita rasakan sekarang, baru-baru tersebut masih sangat kuat di medsos kita,” tuturnya.

Masih menurut Surokim, adanya kesadaran dari para calon legislatorlah yang sebenarnya perlu ditekankan agar masa tenang menjadi masa yang benar-benar tenang untuk memilih pemimpin mana yang mampu membangun negara ini. (ina/waw)

Komentar

News Feed