oleh

Pembuktian Madura United Tanpa Asep dan Pemain Asing Asia

Kabarmadura.id-Laga berat tengah menanti Madura United di laga pertama Liga 1 2019, kontra Persela Lamongan di Stadion Surajaya Lamongan, Jumat (17/5) jam kick-off 20.30 WIB. Pertandingan ini, menjadi ujian kesiapan selama separuh musim dengan mengenakan 4 pemain asing, 3 pemian asing (free) dan satu pemain asing asia.

Sejatinya, kompetisi domestik tertinggi Tanah Air mengizinkan setiap klub mendaftarkan 3 pemain asing (free) dan satu pemain asing Asia. Namun, Madura United hanya mendaftarkan tiga pemain, seperti Aleksandar Rakic (striker), Zah Rahan Krangar (gelandang), dan Jaimerson Xavier (bek).

Alhasil, menghadapi Persela Lamongan di laga perdana Liga 1 2019 ini, Madura United bertanding tanpa pemain asing Asia yang tadinya akan diproyeksikan menjadi pemain tengah di posisi gelandang bertahan.

Selain tidak adanya pemain asing di posisi gelandang bertahan, tim berjuluk Laskar Sape Kerrab ini juga kehilangan satu pemain lokal yang biasa menempati posisi tersebut, Asep Berlian. Pasalnya, pemain bernomor punggung 4 itu sedang menjalani hukuman larangan bermain akibat insiden di laga pamungkas Liga 1 musim 2018 lalu.

Terjadi insiden yang melibatkan gelandang pengangkut air itu saat Madura United menjamu PSIS Semarang di Stadion Gelora Bangkalan (SGB) musim 2018. Sanksi pertama tengah dijalani saat melakoni laga pamungkas Liga 1 2018. Saat itu, Madura United sedang bertandang ke tim Laskar Joko Tingkir, julukan Persela Lamongan.

Namun, Pelatih kepala Madura United Dejan Antonic mengaku, sudah terbiasa menggunakan tiga pemain asing sejak Januari lalu, terutama saat mengarungi Piala Indonesia hingga Piala Presiden 2019. Sebab, saat itu, pemain asing Asia yang dimiliki Madura United, Dane Milovanovic masih bermasalah dengan kondisinya.

Kendati tidak ada pemain asing asal Australia tersebut, Dejan menyebut, Laskar Sape Kerrab tidak menemui aral yang berarti. Bahkan, mampu melaju hingga semi final Piala Presiden 2019 dan perempat Final Piala Indonesia.

Soal ketiiadaan Asep, Dejan juga sudah sering menggunakan 1 hingga 2 gelandang bertahan dalam setiap pertandingan. Saat bertamu ke Persela Lamongan kali ini, dia memiliki stok 2 gelandang jangkar, Guntur Aryadi dan Zulfiandi. Apalagi, imbuhnya, semua pemain sudah siap dan tidak ada yang cedera.

“Sudah biasa, sudah 4 bulan kami bermain dengan 3 pemain asing. Dari hari pertama, karena Dane (Milovanovic) tidak siap secara fisik dan dia tidak bisa ikut secara optimal. Kami hanya menggunakan tiga pemain asing terus itu dari pertama,” ujar Dejan saat konferensi pers kemarin siang.

“Soal Asep yang tidak bisa main, semuanya sudah bisa bermain dan tidak ada pemain yang cedera, semua siap untuk pertandingan besok,” kata Dejan.

Kendati demikian, taktikal yang musim lalu menukangi Borneo FC ini sudah mempersiapkan strategi dengan absennya Asep. Apalagi, masih memiliki Guntur dan Zulfiandi.

“Kami sudah tahu lama itu, jadi kami sudah siap semua, siap secara taktik dan siap secara pemain yang akan mengisi defensive playmaker. Madura (United) masih memiliki Gun dan ada juga Zul dan yang lainnya,” ujarnya.

Strategi yang digunakan, tegas Dejan, tidak akan jauh berbeda dengan pertandingan sebelum-sebelumnya. Namun khusus laga malam ini, terdapat sedikit perubahan. Namun perubahan tersebut tergantng dengan tim yang akan menjadi lawan. Sebab, dia mengaku telah menganalisa kekuatan tim tuan rumah.

“Tidak akan jauh beda, tapi ada sedikit-sedikit perubahan soal itu, Semua opsi akan kami lakukan untuk curi poin besok. Madura (United) juga sudah mempersipakan antisipasi kekuatan (Persela) Lamongan,” tegasnya.

Berbeda dengan tim tuan rumah, tim berjuluk Laskar Joko Tingkir ini yang memanfaatkan 4 jatah tersebut. Tak ayal, jika Pelatih Kepala Aji Santoso memiliki 1 Striker Asing Alex Dos Santos, 2 Gelandang Asing Kei Hirose dan Rafael Gomes de Oliviera, serta 1 bek Mawouna Kodjo Amevor.

Dari empat komposisi asing milik Laskar Joko Tingkir tersebut, hanya kreator serang asal Jepang, Hirose yang melawan Fachrudin Wahyu Aryanto dan kawan-kawan di babak perempat final Piala Presiden 2019.

Kendati demikian, taktikal berdarah Serbia ini berasumsi, Aji Santoso tidak akan sembarangan memilih tiga pemain baru itu, sehingga membuat permainan akan berbeda dengan laga sebelumnya yang tim ini mamapu menumpaskan Persela Lamongan 1-2.

Kendati begitu, Dejan tetap optimis bisa mencuri start di Liga 1 2019. Dia mematok, paling tidak membawa pulang satu poin dari Kota Soto ini.

“Kami punya game menang lawan dia 2-1 tapi itu yang kemarin. Sekarang beda, game pertama pasti berat untuk kedua tim, dan kedua tim ingin menang. Tapi, kami tadang ke sini ingin menang, saya selalu bilang ke anak-anak jika tidak menang jangan kalah,” tutupnya. (idy/waw)

Prediksi Starting Eleven

Madura United (Dejan Antonic): M. Ridho Djazulie (PG), Marckho Sandy Meraudje, Jaimerson Xavier, Fandry Imbiri, Andik Rendika Rama, Zulfiandi, Zah Rahan Krangar, Alberto Goncalves, Andik Vermansyah, Aleksandar Rakic, Greg Nwokolo (C)

Persela Lamongan (Aji Santoso): Dian Agus Prasetyo (PG), Eky Taufiq, Samsul A, Arif Satria (C)Mawouna Kodjo Amevor, Hambali, Kei Hirose, Rafael Gomes de Oliviera, Ghifari Faiz, Muhammad Ridwan, Alex Dos Santos Goncalves.

 

Head to Head

8 Besar Piala indonesia, 31 Maret

Persela Lamongan (1) : (2) Madura United

Liga 1 2018, 8 Desember

Madura United (2) : (1) Persela Lamongan

Liga 1 2018, 23 Juli

Persela Lamongan (1) : (1) Persela Lamongan

SSC 2018, 9 januari

Madura United (2) : (0) Persela Lamongan

Liga 1 2017, 4 Agustus

Madura United (2) : (1) Persela lamongan

Liga 1 2017, 21 April

Persela Lamongan (2) : (0) Madura United

FM 2017, 2 Februari

Madura United (1) : (1) Persela Lamongan

TSC 2016, 4 Desember

Persela Lamongan (2) : (1) madura United

TSC 2016, 13 Agustus

Madura United (2) : (1) Persela Lamongan

Komentar

News Feed