Pemdes Panempan Sinergikan Enam Unit Usaha BUMDes

  • Whatsapp
(FOTO: KM/IST) SEMAKIN MAJU: Desa Panempan semakin berkembang dengan berdirinya BUMDes Delta Mulia karena berhasil mendongkrak PADes.

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN-Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Delta Mulia Desa Panempan menjadi salah satu BUMDes tersukses di Pamekasan. BUMDes yang berdiri sejak tahun 2018 itu, tidak hanya mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. Lebih dari itu, BUMDes tersebut juga mampu menyumbang pendapatan asli desa (PADes) hingga puluhan juta.

Berdirinya BUMDes Delta Mulia memberikan berkah tersendiri bagi warga dan Pemerintah Desa (Pemdes) Panempan. Sebab, BUMDes yang menaungi pasar tradisional, pembiayaan syariah, toko sembako, tempat pengelolaan sampah reuse, reduce, recycle (TPS3R), BRIlink, dan posfin itu, menjadi ladang lapangan kerja baru bagi masyarakat.

Bacaan Lainnya

Dari enam unit usaha yang dinaungi, BUMDes Delta Mulia mampu menyumbang Rp25.380.000 pada PADes di tahun 2020. Sumbangsih terbesar yang dihasilkan BUMDes itu bersumber dari pasar, yakni sebesar Rp18.667.000.

Sejatinya, pada tahun 2019 PADes yang dihasilkan BUMDes Delta Mulia lebih besar dari tahun 2020. Total PADes Delta Mulia pada 2019 mencapai Rp117 juta atau lebih tinggi Rp80 juta dari tahun 2020. Namun akibat wabah Covid-19, PADes yang dihasilkan merosot drastis.

Direktur BUMDes Delta Mulia Hari menuturkan, awal-awal berdirinya BUMDes hanya mengurusi pasar tradisional. Menurutnya, BUMDes harus melakukan perbaikan besar-besaran terhadap pasar tradisional itu, mulai dari infrastruktur hingga jaminan keamanan.

Usaha bersama itu dapat membuahkan hasil maksimal seperti yang dirasakan sekarang. Bahkan ke depan, pihaknya diundang Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, guna menjadikan Pasar Panempan sebagai pasar percontohan dari kategori pasar sehat.

Tidak hanya itu, potensi besar yang dimiliki Pasar Panempan dengan didukung luasan lahan yang mumpuni, membuat Pemdes Panempan berencana untuk mengembangkan pasar tradisional tersebut.

Dengan memanfaatkan tanah kas desa yang masih sangat luas dan mendukung, BUMDes Delta Mulia berencana akan membangun BUMDes Mart, ruko untuk disewakan, serta menjadikan pasar tradisional dan pasar modern satu atap.

“Jika semuanya bertekad menjadikan pasar sehat, mulai dari pemerintah kabupaten, provinsi, dan pusat, pasti bisa dan kami siap,” ujarnya.

Selain itu, Kepala Desa Panempan Moh Fandi mengatakan, pembangunan rumah kos juga direncanakan dalam pengembangan unit usaha yang akan dikelola oleh BUMDes Delta Mulia. Tujuannya, agar pendapatan meningkat dan memberikan sumbangsih PADes lebih besar dan menyejahterakan warga setempat.

Fandi menyampaikan, konsen inovasi desa tidak hanya terfokus pada peningkatan unit usaha BUMDes. Pemdes Panempan juga melakukan inovasi dengan membangun greenhouse untuk hidroponik.

Untuk mendukung realisasi inovasi itu, pihaknya akan menggandeng mahasiswa dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Para mahasiswa itu, nantinya akan menggarapnya  mulai dari perencanaan, penanaman, perawatan, hingga panen. (ali/maf)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *