Pemdes Waru Barat Fokus Terhadap Penguatan Ekonomi Masyarakat

  • Whatsapp
(FOTO: KM/IST) ORBITKAN: Pemdes Waru Barat Kabupaten Pamekasan, terus berbenah untuk bisa menstimulus perekonomian warga.

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN– Keberadaan badan usaha milik desa (BUMdes), kadang dipandang sebelah mata oleh berbagai pihak untuk memberikan stimulus berwirausaha. Namun hal itu tidak berlaku kepada pemerintah desa (Pemdes) Waru Barat, Kecamatan Waru, Kabupaten Pamekasan. Sebab, desa tersebutv memiliki keinginan untuk  menggerakan perekonomian masyarakat. Sehingga, merealisasikan Rp700 juta untuk pengelolaan BUMdes.

Kepala Desa (kades) Waru Barat, Abdus Salam Ramli, mengatakan pada tahun 2021 menjadi tantangan tersendiri dalam menjalankan berbagai kebijakan yang sangat erat dengan kehidupan masyarakat. Sebab, saat ini kondisi sosial masyarakat belum juga terbebaskan dari pandemi global Covid-19.

Bacaan Lainnya

Sehingga,  pada tahun 2021 berkomitmen untuk memajukan BUMdes dengan melibatkan para pemuda turut andil dalam pengembangan BUMdes. “Rata-rata yang menjadi perangkat, orang yang berusia dibawah 40  tahun, kami nanti akan melihat keseriusan para kaum muda dalam mengelola BUMdes,” paparnya, Kamis (28/01/2021).

Dijelaskannya, persoalan yang terjadi di daerahnya, tidak hanya berkaitan dengan pandemi, melainkan tentang kurang tertatanya pengelolaan sampah dari Pasar Waru. Namun, pada tahun 2020 lalu ada perhatian pemkab Pamekasan yang sudah membangun TPS3R untuk menampung sampah.

“Makanya dana sebesar Rp700 itu, selain juga akan dimanfaatkan kepada pengelolaan BUMdes akan diperuntukan sebagian untuk melengkapi berbagai kebutuhan TPS3R. Untuk tahun ini, desa akan melakukan penyertaan modal cukup besar, untuk mendukung langkah-langkah penguatan ekonomi desa,” ulasnya.

Abdus juga menjabarkan, dalam memberikan stimulus pertumbuhan ekonomi secara merata di masyarakat, sesuai dengan arahan pemerintah pusat telah diberikan bantuan langsung tunai (BLT), sebagai dorongan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. “Sementara ini yang bisa kami lakukan dengan memberikan BLT kepada masyarakat,” pungkasnya. (rul/ito)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *