Pemenang Pilkada Sumenep Ditetapkan 22 Januari Malam

  • Whatsapp
(FOTO: KM/MOH RAZIN) SUDAH PASTI: Persiapan penetapan paslon bupati pemenang Pilkada Sumenep sudah matang, karena seremonialnya akan dilakukan secara sederhana.

KABARMADURA.ID, SUMENEP-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep sudah menerima surat rekomendasi dari KPU RI dan telah melakukan rapat pleno tertutup resmi. Keputusannya, penetapan pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati Sumenep sebagai pemenang Pilkada Sumenep pada Jumat, sekitar pukul 19:00. Lokasinya di kantor KPU Sumenep.

Surat dari KPU RI bernomor 60/PL.02.7-SD/03/KPU/I/2021  tertanggal 20 Januari 2021, menyatakan penetapan paslon terpilih pemilihan serentak tahun 2020. Dengan jarak batas waktu KPU Sumenep memilih rentan waktu tiga hari, agar segera selesai.

Bacaan Lainnya

Komisioner KPU Sumenep Divisi Hukum Deki Prasetia Utama mengatakan, dalam proses pelaksanaan penetapan calon, akan melibatkan kedua pasangan calon dan tim koalisinya berdasarkan hasil rapat pleno akan berjalan sesuai dengan protokol kesehatan (prokes).

“Setelah sempat koordinasi dengan internal dan KPU Jatim, kami memilih besok malam. Kalau suratnya turun tadi malam, tapi tetap per tanggal 20 kemarin. Waktunya kan paling lambat 5 hari setelah Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) atau surat dari KPU RI turun,” katanya, Kamis (21/1/2021).

Deki menyampaikan bahwa tidak banyak yang harus disiapkan dalam seremonial penetapan yang akan berlangsung  di jalan Asta Tinggi Nomor 99, Temor Lorong, Kebonagung, Kecamatan Sumenep tersebut, namun hanya menyiapkan berita acara (BA) dan beberapa berkas yang lainnya.

Selain itu, juga menyiapkan surat undangan ke kedua pasangan calon beserta tim koalisinya.

Untuk pengamanan, KPU tetap berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan TNI (Kodim 0827). Dengan masih dalam suasana wabah Covid-19, maka tentunya ada pembatasan, baik dari durasi waktu dan jumlah yang akan hadir.

“Kami sudah koordinasi dengan kasi intel, apalagi acaranya paling sejaman lah,” pungkasnya. (ara/waw)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *