Pemenuhan Fasilitas Olahraga di Bangkalan Terganjal Anggaran

  • Whatsapp
(FOTO: KM/HELMI YAHYA) MINIM ANGGARAN: Fasilitas olahraga di Bangkalan belum memadai lantaran keterbatasan anggaran.

KABARMADURA.ID | BANGKALAN -Sarana olahraga di Bangkalan belum memadai. Akibatnya, para atlet yang ingin mengasa kemampuannya atau berlatih harus mencari tempat mandiri atau menggunakan sistem sewa. Padahal di setiap kecamatan harus menyediakan fasilitas olahraga yang memadai.

Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Bangkalan Rudy Hariyanto mengatakan, kekurangan fasilitas olahraga di Bangkalan lantaran keterbatasan anggaran. Sebab kebutuhan dana masih digunakan untuk penanggulangan bencana. “Kalau yang milik pemkab, memang sedikit. Tapi kan banyak opsi lain yang masih bisa digunakan,” ujarnya, Minggu (14/11/2021).

Bacaan Lainnya

Menurutnya selain di kota, para atlet juga bisa memanfaatkan latihan di di kecamatan. Sebab berdasarkan pantauan tim setiap kecamatan sudah memiliki fasilitas olahraga yang cukup meski terbatas. Terutama di bidang olahraga voli, bulu tangkis dan juga sepak bola. Sedangkan untuk futsal memang kebanyakan masih mandiri.

“Saya memang mendorong agar kecamatan juga bisa menyediakannya, biar tidak jauh-jauh selalu ke kota,” ucapnya.

Sedangkan mengenai fasilitas olahraga di kota, pihaknya merencanakan akan membangun satu lapangan futsal. Kemudian memperbaiki lapangan voli yang sudah ada di Alun-Alun Bangkalan. Namun rencana itu sejak tahun 2020 lalu, belum terlaksana lantaran pandemi. “Tahun ini juga sama, kami belum bisa mendapatkan dana untuk ini,” paparnya.

Padahal selain voli dan futsal, rencana penyelesaian flying fox di dekat panjat tebing juga menanti. Sebab hal itu merupakan rencana lama yang belum juga terealisasi lantaran tersendat anggaran. “Tahun depan semoga pandemi usai dan yang kami inginkan bisa terealisasi,” harapnya.

Sementara itu, anggota Komisi D DPRD Bangkalan Ahmad Subaidi menyampaikan, tahun 2022 nanti akan meninjau kembali tentang  rencana pembangunan tersebut. Mengingat kebutuhan sarana olahraga juga penting, agar masyarakat bisa memanfaatkannya. Bahkan berjanji, akan mendorong ketersediaan sarana olahraga demi keberlangsungan para atlet dalam berlatih.

“Semoga tahun depan sudah dalam masa pemulihan, jadi bisa ada dana yang dianggarkan. Ini kan juga sebagai bentuk apresiasi kami, jadi wajar kalau kami menyediakannya,” responnya.

Reporter: Helmi Yahya

Redaktur: Totok Iswanto

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *