oleh

Pemerintah Anggarkan Rp4 M untuk Drainase dan Trotoar

Kabarmadura.id/Sumenep-Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPRKPCK) Kabupaten Sumenep mengganggarkan Rp4 miliar untuk pembangunan drainase dan trotoar. Pembangunan drainase dan trotoar akan difokuskan di Ibu Kota Kecamatan (IKK).

Kepala Bidang (Kabid) Perumahan DPRKPCK Kabupaten Sumenep Benny Irawan mengutarakan, pembangunan tersebut bertujuan untuk mengurangi kelebihan air dari suatu kawasan atau lahan, sehingga lahan dapat difungsikan secara optimal. Sebagai pengendali air ke permukaan dengan tindakan untuk memperbaiki daerah becek dan menurunkan permukaan air tanah pada tingkat yang ideal.

Dijelaskan, pembangunan trotoar juga bertujuan untuk mengurangi angka kecelakaan di jalanan. Menurutnya, 2 program tersebut merupakan langkah strategis pada tahun 2020, utamanya pada musim hujan.

Anggaran senilai Rp4 miliar tersebut merupakan pemangkasan dari program pembangunan sanitasi dan RTH. Sebab, drainase dan trotoar dianggap lebih mendesak dan akan berguna bagi masyarakat.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD Sumenep Indra Wahyudi mengatakan, anggaran sebesar Rp4 miliar itu dialokasikan pada kegiatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, yakni pembangunan trotoar dan drainase di sejumlah kecamatan.

Upaya tersebut, kata dia, sebagai langkah guna menekan terjadinya potensi banjir saat musim hujan. Berdasarkan hasil pantauan wakil rakyat, genangan air saat ini tidak hanya terjadi di seputaran kota, melainkan juga terjadi di sejumlah kecamatan.

“Ini sudah berdasar rapat bersama eksekutif dan legislatif,” pungkasnya. (imd/pai)

 

 

Komentar

News Feed