PemerintahTetap Wajibkan Perusahaan Salurkan THR

  • Whatsapp
(FOTO: KM-JAMALUDDIN) TIDAK DITENTUKAN: Penyaluran THR pekerja swasta diserahkan pada perusahaan.

Kabarmadura.id/Sampang-Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Tenaga Kerja (Diskumnaker) Sampang, tetap mengharuskan perusahaan untuk memberikan hak berupa tunjangan hari raya (THR) bagi pekerja, meski saat ini perekonomian tengah terhambat akibat wabah Covid-19.

Kepala Seksi (Kasi) Hubungan Perindustrian Diskumnaker Sampang Heru mengatakan, setiap pekerja atau karyawan yang bekerja di tengah wabah Covid-19, memiliki hak untuk mendapatkan THR.

Bacaan Lainnya

Dijelaskan olehnya, untuk mekanisme dan waktu penyaluran, pihaknya tidak bisa memberi ketentuan kepada masing-masing perusahaan, sebab Pemerintah Provinsi Jawa Timur tidak mengeluarkan surat edaran (SE) terkait hal tersebut.

“Untuk teknis penyalurannya kami pasrahkan pada pemilik perusahaan,” ungkapnya, Selasa (12/5/2020).

Kendati tidak ada keputusan dari pemerintah tarkait waktu penyaluran, perusahaan harus tetap bertanggung jawab atas pemenuhan hak THR bagi para pekerja. Bahkan, jika tidak mampu memberikan THR secara sekaligus, perusahaan bisa melakukan secara bertahap.

Terpenting lanjut dia, THR yang diberikan pada karyawan atau pekerja harus sesuai dengan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 6 Tahun 2016 tentang THR bahwa karyawan dengan masa kerja minimal satu bulan berhak mendapatkan THR.

“Meski kerja hanya satu bulan dapat THR. Dan jika sudah kerja 5 bulan maka hitungannya sesuai upah, tapi yang jelas jika sudah kerja satu tahun THR nya satu kali gaji,” pungkasnya. (mal/pin)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *