Pemilih PAW Pilkades di Sumenep Hanya Perwakilan Setiap Dusun

  • Whatsapp
(FOTO: KM/IST) PASTIKAN TERLAKSANA: Pemilihan kepala desa antar waktu (PAW) di dua desa Kabupaten Sumenep akan digelar tahun ini.

KABARMADURA.ID, SUMENEP-Pemilihan kepala desa antar waktu (PAW) dipasrahkan terhadap penyelenggara. Baik mengenai tahapan pilkades maupun lainnya. Hal ini diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Pemerintah Desa (Pemdes) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep Supardi, Selasa (29/6/2021).

Menurutnya, tahapan pilkades tidak jauh berbeda dengan pilkades pada umumnya. Apalagi, hanya terdapat dua desa yang akan menyelenggarakan PAW. Yakni Desa Prenduan Kecamatan Pragaan dan Desa Gunung Kecamatan Manding. Bahkan, tidak ada rentang waktu yang menjadi batasan pelaksanaan.

Bacaan Lainnya

“Jadi selain kami, pelaksanaan PAW juga melibatkan tokoh masyarakat dan badan permusyawaratan desa (BPD), dan hanya melibatkan maksimal 5 orang per dusun sebagai perwakilan memilih,” ujarnya.

Sedangkan maksimal calon PAW hanya tiga orang, jika lebih akan dilakukan tes kelayakan. Selebihnya, untuk tahapan lainnya sama persis dengan pelaksanaan pilkades pada umumnya. Hanya saja, jumlah maksimal calon dibatasi. “Semua tahapan masih baru dan masih belum ada pendaftar,” tuturnya.

Pihaknya menegaskan, ketentuan tersebut sesuai amanah dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 65 yang berbunyi, Bagi Kepala Desa (kades) yang Sisa Jabatannya Lebih dari Satu Tahun, maka Harus Diselenggarakan PAW. Sehingga, dipastikan terlaksana tahun ini. sebab, sudah diatur dalam Perbup Nomor 83 tahun 2019 tentang PAW pilkades.

“Ketentuannya, pemilih hanya perwakilan dari tiap dusun dan melaksanakan musyawarah tingkat desa, dimana pelaksanaannya tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19,” tukasnya. (ara/ito)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *