Pemilihan Wabup di Bulan Agustus Kembali Tertunda, Legislatif  Tunggu Tunggu Tatib dan Evaluasi Gubernur Jatim Selesai

  • Whatsapp
(FOTO: KM/ ALI WAFA) DIUNDUR LAGI: DPRD Pamekasan memastikan pemilihan wabup Pamekasan tidak bisa terlaksana pada bulan Agustus ini

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN –Agenda pemilihan wakil bupati (wabup) Pamekasan nampaknya akan kembali diundur. Padahal, sebelumnya Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan Fathor Rahman kepada partai koalisi Berbaur berjanji pemilihan tersebut selesai bulan Agustus.

Bahkan, mantan kepala Desa Poto’an Daya itu mengatakan, pembahasan tata tertib (tatib) DPRD Pamekasan belum selesai dibahas. Sementara aturan mengenai teknis dan mekanisme pemilihan wakil kepala daerah diatur di tatib tersebut. Pihaknya masih memberikan waktu kepada panitia khusus (pansus) untuk berkonsultasi ke Biro Otonomi Daerah Provinsi Jawa Timur (Jatim).

Bacaan Lainnya

“Ternyata ada pasal yang berbenturan dengan produk hukum di atasnya,” ucapnya.

Sementara itu, pihaknya belum bisa berjanji akan menyelesaikan pemilihan wabup sebagaimana desakan partai koalisi Berbaur yaitu sebelum pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak. Pihaknya mengaku akan mengupayakan usulan tersebut, karena di sisi lain, pilkades serentak di Pamekasan ditunda hingga pertengahan Oktober mendatang.

Setelah sebelumnya kegiatan kedewanan sempat vakum selama dua bulan akibat penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), pihaknya mengaku akan mengupayakan pemilihan wabup terlaksana di bulan September mendatang. Namun, terkait hal itu, masih  menunggu selesainya pembahasan tatib dan evaluasi dari gubernur Jawa Timur.

“Insya Allah tidak sampai masuk ke Oktober. Mudah-mudahan bisa segera diparipurnakan,” pungkasnya.

Di lain pihak, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Pamekasan Heru Prayitno terus mendesak DPRD Pamekasan segera menyelesaikan tatib dan segera mengonsultasikan ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim. Sebab, pihaknya sudah siap dengan dua nama figur calon wabup yang akan diusulkan ke DPRD.

“Kalau ada kendala apa kendalanya. Kami sudah siapkan dua nama untuk diusulkan,” ujar sekretaris partai koalisi Berbaur tersebut. (ali/maf)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *