oleh

Pemilu, KPU Butuh 25.844 Penyeleggara

Kabarmadura.id/SAMPANG-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sampang akan melakukan rekrutmen petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) sebanyak 25.844 orang untuk pelaksanaan pemilu pada 17 April mendatang.

Ketua KPU Sampang Syamsul Muarif mengatakan para petugas KPPS tersebut nantinya akan ditugaskan di 3.692  tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 14 kecamatan di Kabupaten Sampang.

“Tahapan rekrutmen KPPS Ini mulai dari 28 Februari hingga 27 Maret sudah tuntas, yakni mulai dari  tahapan pengumuman penerimaan pendaftaraan, penelitian administrasi, pengumuman hasil, masukan dan tanggapan masyarakat, seleksi tertulis dan pegumuman hasil seleksi serta pelantikan KPPS,” katanya.

Syarat menjadi KPPS yakni sesuai dengan PKPU Nomor 36 Tahun 2018 Tentang Tata Kerja Badan Adhoc, bahwa minimal umur 17 tahun, ijazah SMA, tidak terlibat politik, sehat jasmani rohani, mampu di bidang kepemiluan serta berada di tempat domisili.

Sedangkan tugas dan wewenang KPPS telah diatur sebagaimana Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2018 Tentang Tata Kerja Penyelenggara Pemilu. Adapun beberapa kewajiban KPPS tersebut, yakni mengumumkan dan menempelkan daftar pemilih tetap (DPT) di masing-masing TPS, melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara di TPS, dan melakukan rekapitulasi hasil penghitungan suara di masing-masing TPS. Termasuk melaksanakan tugas, wewenang, dan kewajiban lain yang di berikan oleh KPU, KPU Provinsi, KPU Kabupaten/Kota, PPK dan PPS sesuai dengan peraturan perundangan – undangan.

“Sebelum menjalankan tugasnya, tentu ada beberapa hal yang kami siapkan untuk KPPS. Salah satunya yaitu pemberian materi bimbingan teknis. Hal ini ditujukan agar mereka dapat memperdalam pemahaman tugas dan wewenangnya sebagai KPPS,” jelasnya.

Menurutnya, salah satu materi bimbingan teknis (bimtek) yang disiapkan oleh KPU terharap KPPS, yakni  berkaitan dengan proses pemungutan dan penghitungan suara (tungsura). Dengan begitu KPU memberikan kupasan detail peraturan-peraturan tentang pemungutan dan penghitungan suara di tempat pemungutan suara.

“Nantinya KPU juga akan mensimulasikan aneka form dan model/dokumen yang akan digunakan pada pemungutan dan penghitungan suara. Sehingga kami tekankan ketelitian yang penuh bagi para KPPS dalam pengisian form-form tersebut pada hari pelaksanaan,” ujarnya.

“Apalagi form yang harus diisi KPPS di setiap TPS sangat banyak. Untuk itu proses bimbingan nantinya harus dilaksanakan se detail mungkin,” tandasnya. (awe/waw)

Komentar

News Feed