Pemkab Akan Salurkan Bantuan Rp2 Juta untuk 3.239 Lansia dan Beras 10 Kg untuk 77.610 KPM

  • Whatsapp
(FOTO;KM/ ALI WAFA) UNTUK RAKYAT: Pemkab Pamekasan memberikan bansos uang tunai dan beras kepada KPM PKH di Mandhapa Aghung Rongggosukowati, Selasa (27/7/2021)

KABARMADURA.ID – Ada yang beda dengan penyaluran bantuan sosial (bansos) triwulan kedua ini. Keluarga dari keluarga penerima manfaat (KPM) program keluarga harapan (PKH) yang lanjut usia juga mendapat bansos dalam bentuk program PKH Plus.

ALI WAFA, Pamekasan

Bacaan Lainnya

Meski berada di bawah tekanan wabah Covid-19 dan pemberlakuan pembatasan masyarakat (PPKM) Level 4, warga Pamekasan patut bersyukur. Karena sekarang, tidak hanya KPM PKH yang dapat bantuan uang tunai, keluarga KPM yang usianya 70 tahun lebih juga dapat bantuan uang tunai sebesar Rp2 juta dalam setahun. Nama programnya PKH Plus.

Tidak tanggung-tanggung, anggaran yang dialokasikan untuk PKH Plus pada triwulan kedua kali ini sebesar Rp1,6 miliar lebih. Anggaran tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jawa Timur. Total penerima bantuan PKH Plus di triwulan kedua ini sebanyak 3.239 KPM.

“Bantuan ini disalurkan setiap tiga bulan. Masing-masing sebesar Rp500 ribu melalui Bank Jatim,” ucap Sekretaris Daerah (Sekda) Pamekasan Totok Hartono.

Sejatinya, bantuan PKH Plus triwulan pertama sudah dicairkan. Jumlah anggarannya sebesar Rp1,7 miliar yang juga bersumber dari APBD Provinsi Jawa Timur. Jumlah sasarannya kala itu sebanyak 3.505 KPM. Namun, yang beda pada penyaluran bansos kali ini, yaitu karena masing-masing KPM PKH dan KPM bantuan sosial tunai (BST) dapat bantuan beras 10 kilogram.

Bantuan beras tersebut diberikan pemerintah pusat melalui penggunaan cadangan beras pemerintah (CBP). Total penerimanya sebanyak 77.610 orang. Terdiri dari KPM sebanyak 55.395 orang dan KPM BST sebanyak 22.215 orang. Beras tersebut diberikan sebagai bentuk kehadiran pemerintah saat pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Karenanya, dinamakan bantuan beras PPKM.

Penyedia beras PPKM itu Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog). Penyalurnya yaitu PT. DNR Logistics. Pemerintah pusat langsung yang menunjuk PT. DNR Logistics sebagai transporter. Mereka akan menggunakan 15 unit armada setiap harinya untuk menyalurkan 776 ton beras dalam waktu tiga hari.

Meski demikian, seluruh KPM baik PKH dan BST diimbau oleh Totok Hartono agar tetap mematuhi protokol kesehatan (protkes). Bahkan, saat ini protkesnya lebih ketat. Awalnya hanya 3M, kini menjadi 6M. yaitu: memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak, menjauhi keramaian, mengurangi mobilitas, dan menghindari makan bersama.

“Semoga wabah ini segera berakhir dari Indonesia khususnya Pamekasan. Dan kita bisa beraktivitas normal kembali,” pungkas mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Pamekasan itu. (maf/*)

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *