oleh

Pemkab Bangkalan Dapat 3.500 Meter Hibah Tanah

KABARMADURA.ID, BANGKALAN -Pemerintah kabupaten Bangklan mendapatkan hibah tanah hingga 3.500 meter persegi. Tanah tersebut diperkirakan akan dibuat untuk membangun madrasah tsanawiyah yang berbasis pondok pesantren dan tahfidz Alquran. Kamis, (11/3/2021).

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Bangkalan Abdul Hamid menyampaikan, di antara ratusan madrasah hanya segelintir yang lahan sekolahnya dihibahkan ke Kementerian Agama (Kemenag). Diketahui, selama ini status lahan madrasah yang dihibahkan. Masih banyak statusnya yang perorangan.

”Kalau tanahnya dihibahkan tentu nanti akan lebih mudah mendapatkan bantuan pembinaan dan pembangunan,” tuturnya.

Menurut Hamid,  saat ini masih banyak Madrasah yang belum mendapatkan pembinaan dan bantuan dari Kemenag pusat, salah satunya dikarenakan status madrasah belum negeri. Sebab, jika ingin membuat madrasah negeri, tanah yang ditempati sudah dihibahkan. Bukan milik pribadi.

“Karena banyak status tanah yang belum dihibahkan itu, makanya jumlah madrasah negeri hanya ada tiga,” katanya.

Sedangkan menurut Muzakki yang membuat dirinya memberikan hibah tanah kepada pemerintah kabupaten. Ingin lebih mengentalkan Kota Dzikir dan Sholawat dengan ilmu agama. Sehingga pada tanah yang dihibahkan agar dibangun madrasah yang berbasis pesantren.

”Saya ingin ini bisa dinikmati banyak orang, salah satunya di dunia pendidikan, paparnya.

Muzakki menginginkan, agar para pemuda atau anak-anak yang baru saja lulus di sekolah dasar atau madrasah ibtidaiyah bisa melanjutkan pendidikannya di madrasah yang akan dibangun di Desa Bilaporah, Kecamatan Socah.

”Lokasi tanahnya dekat dengan pusat kota, jadi bisa lebih kondusif dan bisa menarik perhatian,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron memberikan apresiasi terkait adanya tanah yang dihibahkan kepada pemkab. Nantinya akan ditindaklanjuti oleh tim. ”Semoga saja ini bisa memberikan pengaruh baik, baik pada siswa maupun masyarakat lainnya,” pungkasnya. (km59/mam)

Komentar

News Feed