Pemkab Bangkalan Kembali Lakukan Refocusing Anggaran 8 Persen

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FA'IN NADOFATUL M.) DIPANGKAS: Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron menjelaskan adanya refocusing kembali

KABARMADURA.ID, BANGKALAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan akan kembali melakukan refocusing anggaran. Refocusing tersebut diperuntukkan untuk penanganan wabah Covid-19, yang selama ini dinilai belum selesai.

Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron mengatakan, dari rencana refocusing anggaran tersebut, anggaran yang akan direfocusing sebesar 8 persen.

Bacaan Lainnya

“Selama wabah ini anggaran yang melekat di Pemkab Bangkalan akan berkurang,” tuturnya.

Namun, anggaran mana saja yang akan diambilnya. Ra Latif (sapaan akrabnya) enggan menjelaskan secara rinci anggaran untuk program apa saja yang akan dipangkas untuk penanganan covid-19. Dia hanya mengatakan, bahwa rencana refocusing tersebut masih menjadi pembahasan tim anggaran di Pemkab Bangkalan.

“Nanti lah akan kami sampaikan, karena ini masih menjadi pembahasan di internal kami,” terangnya

Menurut dia, refocusing sebanyak 8 persen itu berdasarkan keluarnya Peraturan Kemenkeu Nomor 17 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Transfer Dana Daerah dan Dana Desa Tahun Anggaran 2021 dalam Rangka Mendukung Penanganan Wabah Covid-19 dan Dampaknya. Masih menurut Ra Latif, akibat adanya refocusing anggaran dua tahun berturut-turut akibat wabah Covid-19. Hal itu menjadikan visi misi dan programnya yang sudah direncanakan terbengkalai.

“Seperti halnya saat ini banyak pembangunan infrastruktur seperti jalan yang dikeluhkan masyarakat belum bisa kami perbaiki akibat tahun kemarin ada refocusing,” tuturnya.

Dia mengaku, belum tercapainya visi misi itu merupakan murni karena keterbatasan anggaran yang dimiliki oleh Pemkab Bangkalan. Sehingga, kata dia, harus ada plot prioritas program-program mana saja yang harus tetap jalan.

“Ya memang betul, akibat berkurangnya anggaran ini banyak plotting kegiatan yang tidak bisa dilaksanakan. Termasuk program dari visi misi kami,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Tim Anggaran Pemkab Bangkalan Taufan Zairinsjah bungkam terkait rencana itu. Saat dihubungi via seluler, dia enggan menjelaskan terkait rencana refocusing sebesar 8 persen tersebut. Kata dia, saat ini masih tengah menjadi pembahasan internal Pemkab Bangkalan dan belum selesai.

“Masih didiskusikan, nanti kalo kelar baru kami infokan ya,” tukasnya. (ina/mam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *