Pemkab Bangkalan Ngebut Memvaksin 125 ribu Warga per Hari

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FA'IN NADOFATUL M.) PEMAPARAN: Kepala Dinkes Bangkalan Sudiyo menjelaskan capaian vaksinasi kepada Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron.

KABARMADURA.ID, BANGKALAN-Capaian vaksinasi di Bangkalan juga masih 21 persen. Akhir bulan September 2021, Dinkes Bangkalan akan menargetkan bisa melakukan vaksinasi dosis 1 hingga 70 persen. Upayanya akan memastifkan vaksinasi dari desa ke desa.

Hal senada juga dikatakan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bangkalan Mohammad Fahad, dalam tiga hari ke depan, target vaksin tercapai.

Katanya, jika melihat persentase target sebesar 70 persen, akan selesai meski satu hingga dua bulan ke depan. Sehingga, dia meminta agar ada sosialisasi dan inovasi kebijakan lain dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan agar masyarakat antusias divaksin.

“Mengingat kegiatan hiburan dibuka kembali, jadi itu bisa dimanfaatkan Dinkes untuk memenuhi target. Harus sama-sama ada kerja sama antara masyarakat dan tenaga kesehatan (nakes),” ungkapnya.

Dia melihat, vaksinasi di Bangkalan terbanyak hanya di wilayah kota. Sementara di wilayah kecamatan hingga pelosok, banyak masyarakat enggan divaksin. Maka, dia juga meminta agar kepala desa ikut berperan aktif melakukan sosialisasi pentingnya vaksinasi ini.

Sedangkan, Kepala Dinkes Bangkalan Sudiyo mengatakan, upaya yang kini tengah dia lakukan, yakni menekan vaksinasi di masing-masing desa. Setiap desa ditargetkan harus ada 25 orang yang divaksin. Jumlah vaksinator juga ditambah, agar bisa terjuan ke desa-desa pelosok di Bangkalan.

“Target ini dari kementerian, kami harus memenuhi 70 persen vaksin dosis pertama dalam tiga hari ke depan,” tuturnya.

Setiap fasilitas kesehatan (faskes) juga ditarget menyasar 300 masyarakat yang divaksin per hari. Namun, realisasi kurang begitu baik dari respon masyarakat. Sehingga target itu tidak terpenuhi meski vaksinator sudah bekerja maksimal.

“Mulai hari ini (Senin, red) kami sudah menambah 138 tim vaksinator. Setiap dua desa harus ada satu tim vaksinator yang terdiri dari bidan dan nakes harus keliling, door to door menawari vaksinasi,” jelasnya mengenai solusi untuk bisa memenuhi target vaksinasi.

Sayangnya pihaknya pesimis bisa memenuhi itu dalam tiga hari ini. Tapi dia mengaku akan tetap mengusahakan bisa memenuhi target 70 persen tersebut. Saat ini pihaknya kekurangan sekitar 430 ribu masyarakat yang harus divaksin. Jika ditotal, setiap hari harus ada 125 ribu masyarakat yang harus divaksin.

“Vaksinator 1.114 nakes, setiap tim dua hingga empat orang. Jumlah keseluruhan tim beserta tambahannya ada 78n tim jadi 212 tim harus bekerja dalam tiga hari ini,” tukasnya.

PROGRES VAKSINASI BANGKALAN

  • Capaian vaksinasi saat ini 21 persen atau 173.544 dosis satu
  • Target vaksinasi 825.180
  • Tiga hari ke depan harus 70 persen vaksin dosis satu
  • Kekurangan sekitar 430 dosis untuk memenuhi target 70 persen
  • Untuk memenuhi itu setiap hari harus ada 125 ribu masyarakat yang harus divaksin

LANGKAH UNTUK MEMENUHI TARGET

  • Menambah tim vaksinator sebanyak 78 tim, total 212 tim vaksinator
  • Satu tim ditarget door to door ke dua desa dengan memvaksin 25 orang di setiap desa

Sumber: Dinkes Bangkalan

Reporter: Fain Nadofatul M

Redaktur: Wawan A. Husna

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *