Pemkab Bangkalan Sediakan Rp22,9 M untuk Perbaikan 15 Titik Jalan

  • Whatsapp
(FOTO: KM/HELMI YAHYA) DIPERBAIKI: Petugas saat melakukan perbaikan jalan di Jalan Raya Kamal-Socah Bangkalan. Tahun 2021 anggaran perbaikan jalan Rp22,9 miliar

KABARMADURA.ID | BANGKALAN-Proyek perbaikan infrastruktur jalan tahun 2021 sudah selesai dikerjakan. Berdasarkan catatan di Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Bangkalan, total anggaran untuk perbaikan jalan sebesar Rp22,9 miliar. Sementara titik pengerjaan di 17 lokasi.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Bangkalan Guntur Setiyadi menyampaikan, anggaran perbaikan jalan kabupaten tahun ini terbilang sudah tinggi. Anggarannya di atas angka Rp20 miliar.

Bacaan Lainnya

“Tahun ini saya kira sudah tinggi, karena sampai puluhan miliar dana yang disediakan,” katanya.

Anggarannya dari dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp7,6 miliar dengan dua lokasi pengerjaan, selain itu juga bersumber dari dana alokasi umum (DAU) sebesar Rp15,3 miliar dengan 15 titik pengerjaan.

“Tahun ini memang ada dua sumber, sedang tahun kemarin hampir nihil. Waktu pengerjaannya berbeda beda, tapi awal pengerjaan sudah ada yang dilakukan sejak Mei 2021 lalu,” ucapnya.

Perencanaannya dimulai sejak Februari 2020 lalu. Kemudian dilakukan tender dan pengerjaan dimulai pada Mei dan Juni. Waktunya juga berbeda sesuai besar dan luas proyek.

Hingga menjelang akhir tahun, lanjut Guntur, pengerjaan proyek perbaikan jalan sudah mencapai 100 persen. Tinggal menunggu pengawasan pengerjaan dan kualitas jalan yang sudah dibangun dengan anggaran pemerintah tersebut.

Sedangkan pengerjaan terakhir yang dilakukan oleh rekanan masih tersisa di bulan November 2021. Tetapi kemungkinan besar pada akhir bulan sudah harus tuntas semua. Sebab bulan Desember harus selesai semua dengan laporannya.

Sedangkan untuk pengawasan, sudah dilakukan serah terima pada beberapa proyek yang pengerjaannya lebih awal. Sehingga P1 sudah diberikan, karena berdasarkan pantauan, pengerjaan sudah sesuai dengan spesifikasi yang diharapkan. Setelah dilihat spesifikasinya sama dan sesuai dengan anggaran pada pagunya, tinggal menunggu masa pemeliharaan.

Masa pemeliharaan untuk proyek tersebut rata-rata sama dengan proyek pengerjaan lainnya yakni 6 bulan. Sehingga P2 nanti bisa dilakukan usai masa pemeliharaan sesuai.

“Tinggal pengawasan dan juga pengecekan saja, semua harus sesuai dengan perencanaannya.  Nanti kita akan tunggu usai pemeliharaan selesai, karena ini kan waktunya berbeda semua,” tuturnya.

Kendati perbaikan jalan di Bangkalan diklaim sudah tuntas, ada beberapa jalan di lingkup poros desa masih dalam tahap penyelesaian. Sementara itu, untuk pemeliharaan dan tambal sulam, Dinas PUPR Bangkalan masih harus bekerja keras, karena tahun 2021 hanya dapat kucuran Rp300 juta.

“Hanya tersisa penyelesaian di beberapa desa, yang lainnya sudah selesai,” tuturnya.

Sedangkan untuk jalan yang masih belum terakomodir perbaikannya. Guntur meminta agar segera dilaporkan. Sehingga bisa menjadi salah satu usulan rekomendasi yang bisa dikerjakan pada anggaran tahun 2022 mendatang.

“Yang belum diperbaiki atau belum kami ketahui, kami tunggu pengajuannya,” ulasnya

Guntur juga meminta masyarakat agar turut aktif melaporkan jika terjadi kerusakan atau ketidaksesuaian proyek saat masa pemeliharaan berjalan. Sehingga nanti bisa segera dilakukan pemeriksaan. “Masyarakat nanti juga saya harap ikut aktif, karena mereka juga sebagai penggunanya,” pungkasnya.

Terpisah, anggota Komisi A DPRD Bangkalan Mahmudi menuturkan, anggaran perbaikan jalan sangat besar, jangan sampai pengerjaanya tidak berkualitas. Artinya semua perbaikan jalan harus sesuai rancangan anggaran biaya (RAB).

“Harga dan kualitas perbaikan harus sesuai, dan jangan sampai melewati akhir tahun,” pesannya

Mahmudi juga berharap agar pemerintah bisa mendorong pembuatan dan perbaikan di pelosok desa. Sehingga setiap daerah yang belum memiliki jalan, bisa diminta dan didata.

“Ini agar sasaran pembangunan dan perbaikan tepat sasaran,” tandasnya.

 

Reporter: Helmi Yahya

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *