oleh

Pemkab Bangun PDUS Senilai Rp1,29 Miliar

Kabarmadura.id/Sumenep– Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Sampah, Limbah, serta Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sumenep Agus Salam menjelaskan, pembangunan pusat daur ulang sampah (PDUS) mulai dikerjakan dengan anggaraan sebesar 1,29 miliar.

“Saat ini pembangunan tersebut sudah dimulai, tetapi masih sampai di bagian pemerataan dasarnya, karena memang baru disetujui oleh pihak ketiga,” katanya, Senin (11/11).

Pembangunan PDUS yang pendanaanya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2019 ini diharapkan menjadi solusi terhadap permasalahan sampah selama ini. Karena memang selama ini pemerintah belum menyediakan fasilitas pengolahan untuk sampah.

Agus menambahkan, untuk memaksimalkan penampungan sampah pemerintah daerah  juga sengaja mempatkan lokasi pembangunan PDUS itu berdekatan dengan tempat pembuangan akhir (TPA).

“Semua pembangunan, pengadaan armada semata memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat untuk meminimalisir pencemaran lingkungan melalui sampah, karena itu bukan masalah yang gampang teratasi,” imbuhnya.

Selain itu, ia tetap menghimbau agar masyarakat meningkatkan kesadaran untuk membantu pemerintah menyelesaikan persoalan sampah. Karena jika tidak ada partisipasi masyarakat maka sampai kapanpun permasalahan tersebut tidak akan pernah bisa terpecahkan. (ara/pai)

Komentar

News Feed