Pemkab Belum Pastikan Kelanjutan Program Kartu Prakerja

  • Whatsapp
(FOTO: KM/ ALI WAFA) TIDAK BERWENANG: Pemkab Pamekasan tidak bisa memastikan keberlanjutan program kartu prakerja karena bukan program pemkab.

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN –Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan belum bisa memastikan keberlanjutan program kartu prakerja pada tahun 2021. Sebab menurut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Ketenagakerjaan Pamekasan Supariyanto, program tersebut bukan kewenangan pemkab.

“Itu program pemerintah pusat bukan milik pemkab,” ucapnya.

Bacaan Lainnya

Supri menjelaskan, program tersebut merupakan program pemerintah pusat. Segala sesuatunya, pemerintah pusat yang mengatur. Bahkan, mulai dari teknis pendaftaran hingga pelatihan dan pencairan insentif bagi peserta dilakukan secara online oleh peserta tanpa sepengetahuan pemkab.

“Kami tidak tahu sekarang ini sudah gelombang berapa. Karena peserta mendaftar secara online. Siapa yang lulus juga kami tidak tahu,” terangnya.

Karena itu, pihaknya mengaku tidak tahu mengenai perkembangan program tersebut. Sejauh ini, pihaknya hanya menyediakan layanan konsultasi dan fasilitas layanan internet gratis bagi warga yang hendak mendaftarkan diri sebagai peserta kartu prakerja. Namun, pihaknya tidak mengakses informasi mengenai status kepesertaan warga.

Namun demikian, diketahui, pemerintah akan melanjutkan program kartu prakerja hingga akhir tahun 2021. Hal itu ditegaskan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Pemerintah telah mengalokasikan Rp10 triliun untuk program tersebut. Dengan melanjutkan program kartu prakerja hingga akhir tahun, pemerintah masih akan membuka pendaftaran bagi 2,8 juta peserta.

Seperti diketahui, peserta kartu prakerja akan mendapatkan bantuan total Rp3,55 juta yang akan disalurkan dalam empat bulan. Total bantuan tersebut terdiri dari bantuan manfaat pelatihan Rp1 juta, insentif pasca pelatihan Rp2,4 juta yang diberikan Rp600.000 per bulan selama empat bulan, dan insentif survei Rp150.000 untuk tiga kali survei. (ali/maf)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *