Pemkab Diminta Perhatikan Ketersediaan Personel dan Armada di Pamekasan

  • Whatsapp
(FOTO: KM/ZUBAIDI) BERGERAK: Para petugas damkar saat mempersiapkan kendaraan pemadam kebakaran.

KABARAMADURA.ID, PAMEKASAN –Keberadaan petugas pemadam kebakaran (damkar) di Pamekasan nampaknya belum mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan. Sebab, hingga tahun tahun ini, kendaraan damkar yang tersedia hanya tiga unit.

Jumlah tersebut dinilai kurang efektif jika dibandingkan dengan luas wilayah yang Pamekasan. Apalagi, truk pemadam tersebut hanya diparkirkan di wilayah kota saja.

Kabid Damkar Satpol Pamong Praja (PP) Pamekasan Laksono Tri Wibowo membenarkan, bahwa saat ini pihaknya mengalami kekurangan armada dan juga personel damkar. Menurutnya, faktor anggaran menjadi salah satu pemicunya.

”Saat ini kita hanya memiliki tiga truk damkar, itu pun yang satu sudah tua dan tidak dioperasikan lagi. Satu unit truk damkar saja sudah berapa harganya,” terangnya.

Dia mengakui, jangkauan masing-masing daerah menjadi kendala jika terjadi kebakaran. Apalagi daerah kejadian yang jaraknya cukup jauh dari kota. Sehingga menurutnya,  cukup memakan banyak waktu di perjalanan.

Lebih lanjut, ia mengatakan, masyarakat juga belum memiliki kesadaran mengenai kendaraan yang diprioritaskan di jalanan. Menurutnya, masih banyak masyarakat yang belum teredukasi terkait pentingnya memberikan jalan pada mobil damkar.

“Ini juga yang menjadi alasan kita terlambat di lapangan. Selain jarak yang kita tempuh juga jauh,” imbuhnya.

Dia juga menambahkan, ada lebih dari 22 kasus kebakaran di Pamekasan selama 2021. Meski terdapat beberapa kendala, pihaknya tetap memberangkat personel ke titik bencana.

Penambahan armada dan juga personel damkar diharapkan bisa menjadi perhatian Pemkab Pamekasan. Dengan begitu, bisa mengantisipasi dan menangani dengan optimal peristiwa kebakaran.

”Kami tidak muluk-muluk, negara lagi kesusahan, namun jika bisa seperti itu, kami sangat bersyukur,” pungkasnya. (bai/maf)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *