oleh

Pemkab Gelar Konsultasi Publik RPJMD 2019-2024

Kabarmadura.id/SAMPANG-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang melalui Badan Perencanan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) terus menggenjot tahapan penyusunan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) tahun 2019-2024 yang telah dirancang dan disusun pada akhir bulan Januari lalu.

Pada hari Selasa (5/3), Bappelitbangsa Sampang menggelar forum konsultasi publik RPJMD dengan berbagai pihak, meliputi sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), sejumlah perwakilan lembaga swadaya masyarakat (LSM), perwakilan jurnalis dan berbagai pihak terkait lainnya yang bertempat di aula utama Bappelitbangda setempat.

Kepala Bappelitbangda Sampang Toni Moerdiwanto menuturkan, proses penyusunan dokumen RPJMD itu, harus partisipatif, politis dan teknokratis yang melalui berbagai tahapan.

Saat ini, penyusunan RPJMD tahun 2019-2024 tinggal menunggu tahapan pembahasan dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sampang, verifikasi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) dan musyawarah  perencanaan pembanguan Kabupaten (Musrembangkab) Sampang.

“Konsultasi publik dengan semua stakeholder ini, sebagai langkah untuk penyempurnaan rencana awal RPJMD 2019-2024. Sehingga nantinya, saat di musrembangkab, semua stakeholder sudah komit semua,” Tutur Toni Moerdiwanto kepada awak media, kemarin (5/3).

Menurut Tony, semua masukan dan saran dari stakeholder yang terlibat dalam forum konsultasi publik RPJMD itu, sangat responsif. Karena semua visi-misi bupati, ternyata sudah dipahami dan dipelajari oleh semua pihak. Sehingga timbul berbagai pertanyaan dari para peserta.

Tahapan konsultasi publik tersebut dalam rangka kontek bottom up atau partisipastif yang melibatkan semua stakeholder dan perwakilan masyaratakat.

“Setelah konsultasi publik ini, tahapan selanjutnya, tinggal pembahasan dengan DPRD, dibawa ke pemprov untuk diverifikasi dan dimusrembangkan,”terangnya.

Untuk itu, ia menegaskan, dokumen RPJMD tahun 2019-2024 tersebut, dapat segera disahkan dalam warktu dekat ini, karena rencana pembahasan di DPRD akan dilaksanakan pada tanggal 15 Maret, dan dilanjutkan dengan musrembang tertanggal 25 Maret mendatang.

“Untuk proses pengesahan RPJMD ini kemungkinan akan dilaksanakan tertanggal 28 Maret mendatang,” pungkas Tony. (sub/waw)

Komentar

News Feed