oleh

Pemkab Pamekasan Alokasikan Anggaran APBD Rp32 M Untuk THR ASN

KM KHOYRUL UMAM SYARIF
Mohammad Syarif Jakfar; Kepala Sub Bidang Belanja Pegawai BKD Pamekasan

Kabarmadura.id/PAMEKASAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, menyiapkan dana Rp32 miliar untuk Tunjangan Hari Raya (THR) para Aparatur Sipil Negara (ASN) di wilayah setempat. Besaran anggaran yang digelontorkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) itu, diharapkan menjadi motivasi abdi negara dalam meningkatkan kinerja selama bulan Ramadan.

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Pamekasan Taufikurrahman, melalui Kepala Sub Bidang Belanja Daerah  Mohammad Syarif Jakfar mengatakan, pencairan THR  tersebut dijadwalkan akan dilakukan pada tanggal 24 Mei 2019 mendatang.

Namun hingga kini, pihaknya belum menerima edaran resmi dari pemerintah pusat, terkait teknis pencairan THR tersebut. Bahkan, saat dicek di situs resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan RB), belum ditemukan adanya informasi terkait edaran teknsi pencairan THR bagi ASN tersebut.

“Sementara ini kita menunggu petunjuk dari peraturan pemerintah mengenai tunjangan hari raya untuk ASN ini,” ungkapnya Kamis (9/5).

Lebih lanjut Syarif mengatakan, anggaran untuk THR ASN di Pamekasan, tahun ini mengalami peningkatan. Jika pada tahun 2018 anggaran untuk THR sebesar Rp31 miliar, tahun ini anggarannya naik menjadi Rp32 miliar. Padahal jumlah penerima mengalami penurunan, dari jumlah penerima tahun 2018 sebanyak 7.065 ASN, tahun ini turun  menjadi 6.945 ASN.

Sementara untuk nominal, pihaknya mengaku setiap ASN akan menerima jatah THR sebagaimana pangkat dan golongan yang dimiliki. Rinciannya, untuk  golongan  I rata-rata sebesar Rp2.600.000. Golongan II Rp3.150.000, golongan III Rp4.350.000 dan untuk golongan IV sebesar Rp5.400.000.

“Untuk nominal sesuai dengan pangkat dan golongan ASN bersangkutan,” terangnya.

Sementara itu Ketua Komisi I DPRD Pamekasan Ismail, berharap, pemberian THR bagi para ASN bisa menjadi pelecut semangat untuk meningkatkan kinerja selama bulan Ramadan. Dia mengingatkan, agar apa yang diperoleh para abdi negara tersebut, diimbangi dengan profesionalitas dalam menjalankan tugasnya.

“Kita berharap THR ini menjadi penyemangat bagi ASN untuk bekerja, lebih semangat lagi walaupun ini dalam suasana bulan ramadhan” harapnya. (km47/pin)

Komentar

News Feed