Pemkab Pamekasan Anggarkan Rp150 Juta untuk Petani Tembakau

  • Whatsapp

KABARMADURA.ID, Pamekasan – Petani tembakau di Kabupaten Pamekasan, mulai mempersiapkan lahan untuk menanam setelah datangnya musim kemarau tahun ini.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Pamekasan (DKPP) Pamekasan, Ajib Abdullah mengatakan, jika saat ini para petani sudah mulai bersiap menghadapi musim tanam tembakau.

Bacaan Lainnya

“Musim ini para petani mulai mempersiapkan lahannya untuk ditanami tembakau,” terang Ajib Abdullah, Senin (3/5/2021).

Lebih lanjut, pihaknya menjelaskan, jika pemerintah kabupaten (Pemkab) Pamekasan untuk tahun ini telah memberikan bantuan benih tembakau untuk seluruh petani yang ada di Bumi Gerbang Salam.

Bantuan benih tersebut, tambahnya, tersebar di 13 kecamatan yang ada di kabupaten Pamekasan dan diberikan kepada masing-masing kelompok tani yang ada setiap desa. Sehingga nantinya kelompok tani itu yang akan memberikan hasil bibit tembakau kepada masyarakat yang sudah terdaftar dalam kelompok tani tersebut.

“Kami juga melakukan pelatihan pada para kelompok tani ini. Supaya, hasil bibit tembakau itu sendiri baik. Karena, kami ingin kualitas asli tembakau Madura tetap terjaga khususnya tembakau Pamekasan agar kualitasnya tetap baik,” tambahnya.

Ajib, sapaan akrabnya, menambahkan, jika bantuan benih tembakau itu sendiri diambil dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) yang dialokasikan dari penangkaran bibit tembakau tahun 2020.

“Untuk penangkaran pembibitan itu anggarannya Rp100-150 Juta. Dan untuk tahun ini bantuan itu sudah kami salurkan pada masing-masing kelompok,” pungkasnya.

Sementara itu, Anggota Komisi II DPRD Pamekasan, Andi Suparto mengatakan, jika bantuan bibit tembakau itu sendiri memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Pihaknya juga berharap, bantuan bibit itu tidak hanya diberikan tahun ini saja. Namun, diberikan setiap tahun menjelang musim tanam tembakau.

“Bukan hanya bantuan bibit tembakau saja yang diberikan kepada petani. Tapi, dinas terkait ini juga memberikan bantuan pupuk bersubsidi pada semua petani supaya hasil tembakau mereka bagus,” pintanya.

Reporter: Zubaidi

Redaktur: Anam

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *