Pemkab Pamekasan Diminta Serius Membina Pemuda Pelopor

  • Whatsapp
(FOTO: KM/ IST) OPTIMIS: Pemkab Pamekasan sedang melakukan penjaringan kader inti antinarkoba.

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN –Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Pamekasan gencar melakukan pembinaan kepada kaum muda. Di sisi lain, kabupaten yang berjuluk Gerbang Salam tersebut sudah hampir lima tahun absen mengirimkan wakil pemuda pelopor di tingkat Provinsi Jawa Timur.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Kepemudaan Disporapar Pamekasan Rusdin. Dia menjelaskan, pihaknya saat ini tengah menyiapkan tiga orang pemuda sebagai kader inti pemuda antinarkoba (KIPAN). Tiga pemuda tersebut dipilih secara acak. Namun harus memenuhi beberapa persyaratan. Yaitu; tidak merokok, berusia antara 13 sampai 26 tahun, dan merupakan warga asli Pamekasan.

Bacaan Lainnya

Selain itu, yang terpenting menurutnya yaitu memiliki komitmen untuk memerangi narkoba terutama di Pamekasan. Tiga pemuda tersebut yaitu dari Pamekasan wilayah kota, kemudian seorang mahasiswa berasal dari Kecamatan Batumarmar, dan seorang santri dari Pondok Pesantren Miftahul Ulum Panyepen.

“Harus berdampak positif membantu pencegahan narkoba khususnya di Pamekasan,” ucap Rusdin.

Mereka akan mengikuti pelatihan secara virtual pada tanggal 17 sampai 19 Juni mendatang. Selanjutnya, akan diminta menggerakkan pemuda lain di Pamekasan untuk meningkatkan kepeduliannya terkait bahaya dan ancaman narkoba.

“Sementara tiga orang itu. Kader inti itu akan menyampaikan kemampuan dan keahliannya, nanti kami panggil itu,” ujar Rusdin.

Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan Wardatus Sarifah meminta agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan lebih serius dalam membina para pemuda di Pamekasan. Dia meminta agar pemerintah melakukan seleksi dari kalangan pemuda yang benar-benar memiliki prestasi di bidangnya masing-masing, tanpa melihat kelompok-kelompok tertentu.

Pihaknya meminta agar pemerintah lebih interaktif dengan sejumlah organisasi kepemudaan agar dapat menjaring lebih luas pemuda-pemuda berprestasi di Pamekasan.

“Harus ada sinergi dengan NGO kepemudaan di Pamekasan,” tegas politisi Partai Nasdem itu. (ali/maf)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *