Pemkab Pamekasan Distribusikan 8 Tangki Air Bersih untuk Wilayah Kekeringan

  • Whatsapp
(FOTO: KM/ ALI WAFA) ENTASKAN KEKERINGAN: Bupati Pamekasan Baddrut Tamam saat memberangkatkan delapan tangki berisi air bersih untuk warga terdampak kekeringan.

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN –Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan kembali mendistribusikan air bersih untuk warga Pamekasan yang mengalami bencana kekeringan. Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam bersama sejumlah perangkatnya memberangkatkan delapan tangki berisi air bersih dari Mandhapa Aghung Ronggosukowati, Senin (13/9/2021).

Pendistribusian air bersih itu dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pamekasan bekerja sama dengan Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Jaya. Bupati Pamekasan Baddrut Tamam menyampaikan, wilayah terdampak bencana kekeringan di Pamekasan mulai berkurang.

Dari awalnya 11 kecamatan, kini hanya 10 kecamatan yang terdampak bencana kekeringan. Dari awalnya 77 desa, kini hanya 73 desa yang mengalami bencana kekeringan. Dari awalnya 311 dusun, kini menjadi 263 dusun yang mengalami bencana kekeringan. Dia menyebutkan, penurunan tersebut karena program pengeboran dan pipanisasi.

Sementara itu, dari 13 kecamatan di Pamekasan, tiga kecamatan diakui sudah terentas dari kekeringan. Yaitu; Kecamatan Pamekasan, Kecamatan Galis, dan Kecamatan Pakong. Sedikitnya, empat desa dan 48 dusun juga terentas dari bencana kekeringan. Alumnus Universitas Muhammadiyah Malang itu berharap air bersih tersebut bermanfaat bagi warga Pamekasan.

“Alhamdulillah, dari tahun ke tahun, volume pengiriman air bersih ke desa-desa sudah mulai berkurang,” ucap Mantan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur dua periode itu.

Kepala Pelaksana BPBD Pamekasan Amin Jabir melalui Supervisor Pusdalops BPBD Pamekasan, Budi Cahyono menuturkan, salah satu desa yang sudah terentas dari kekeringan yaitu Kecamatan Galis, di Desa Konang, Dusun Cangkreng. Dia menyebutkan, delapan tangki berisi air bersih tersebut empat di antaranya dari BPBD dan empat lainnya dari Perumdam Tirta Jaya.

“Namun, ini sudah dipihakketigakan ke Perumdam oleh BPBD. Jadi pelaksananya Perumdam. Delapan tangki itu mulai beroperasi hari ini,” terang Budi.

Reporter: Ali Wafa

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *