oleh

Pemkab Pamekasan Janji Kroscek Aduan Penyerobotan Aset

Kabarmadura.id/Pamekasan-Pengaduan adanya aset Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, yang diduga diserobot oleh oknum warga, disikapi serius oleh Pemkab Pamekasan. Bahkan, untuk memastikan hal itu, Pemkab berjanji akan mengkroscek langsung ke lapangan untuk memastikan keberadaan aset tersebut.

Kepala Bidang (Kabid) Aset  Pamekasan Imam Wahyudi menyampaikan, pihaknya akan segera turun untuk melakukan survey langsung, guna memastikan tanah yang telah ditempati warga merupakan aset Pemkab atau tidak.

“Kalaupun itu (aset Pemkab, red) telah ditempati maka kami akan melakukan pendekatan persuasif kepada masyarakat untuk memenuhi kewajibannya untuk sewa,” tuturnya, Selasa (14/1/2020).

Imam mengungkapkan, pihaknya menyayangkan sikap pihak kecamatan yang lalai mendata aset tanah itu. Sebab menurutnya, yang seharusnya lebih mengetahui aset tanah itu adalah pihak kecamatan. Namun faktanya, pihak kecamatan tidak maksimal dalam pengelolaan asset itu.

“Seharusnya yang lebih mengetahui persoalan itu adalah kecamatan, karena yang lebih tahu pengelolaan lokasinya dan secara periodik kecamatan,” tandasnya.

Sementara itu, Anggota Komisi I DPRD Pamekasan Ali Masykur menyayangkan, sikap pemerintah yang tidak proaktif dalam menjaga aset Pemkab. Akibatnya, ada tanah milik negara yang dibangun toko dan rumah secara ilegal.

“Tidak ada konfirmasi, baik perjanjian sewa menyewa, baik secara tertulis maupun tidak tertulis itu tidak ada,” tuturnya.

Dengan demikian politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu meminta, agar Pemkab mengambil sikap tegas kepada warga yang melakukan pembangunan secara ilegal.

“Perlu ada ketegasan dari pemerintah daerah untuk mempertahankan aset negara,” paparnya.

Dia berharap ada kejelasan dari permasalahan agar tidak ada bias yang berkelanjutan, sehingga bisa terselesaikan dengan baik dan benar.

“Yang penting jelas nanti perjanjiannya, baik di pihak ketigakan dan perseorangan, sebagainya,” pungkasnya.  (rul/pin)

Komentar

News Feed