oleh

Pemkab Pamekasan Kembali Buka Izin Usaha Karaoke

Kabarmadura.id/Pamekasan-Setelah menutup enam tempat karaoke pada tahun 2019 lalu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) akan kembali memberikan izin kepada pengusaha karaoke.

Menurut Kepala DPMTSP Pamekasan Agus Mulyadi, pemberian izin untuk usaha karaoke akan diberikan, namun dengan sangat selektif, sebab sudah ada 6 tempat hiburan karaoke yang telah ditutup.

Jika ingin membuka usaha hiburan karaoke, imbuh Agus, maka harus mematuhi peraturan daerah (perda) dengan cara mengubah pola penataannya tempat karaoke, yakni dengan ruang yang tidak tertutup melainkan terbuka.

“Jika tempatnya tebuka, artinya tidak ada lagi sekat kamar pada tempat karaoke tersebut,” tegasnya.

Secara detail, tempat karaoke yang berada di tempat makan dan hotel terbsebut sifatnya terbuka dan dilihat dari semua pengujung, bukan di ruang tertutup. Agus menambahkan, untuk pengajuan izin usaha khusus hiburan karaoke, sudah lagi tidak diterima.

Sebab, Agus menjelaskan, pada perda tentang hiburan, berbunyi bahwa tempat karaoke yang perbolehkan adalah sebagai fasilitas hotel di ruangan terbuka, dan juga khusus tempat restoran yang terbuka.

“Mengisayaratkan karaoke terbuka yang merupakan fasilitasnya hotel, dan rumah makan bukan berdiri sendiri,” ungkapnya.

Kendati demikian, dia menegaskan bahwa pemberian izin akan terus dipermudah segala prosesnya, namun yang terpenting, setiap usaha yang akan dibangun sesuai dengan peraturan yang ada, supaya usahanya berjalan lancar.

“Komitmen kami di dinas Perizinan akan melayani dengan sebai-baiknya,” pungkasnya.  (rul/waw)

Komentar

News Feed