oleh

Pemkab Pamekasan Komitmen Wujudkan Go Green di Lingkungan Pesantren

Kabarmadura.id/Pamekasan-Ikon Kota Pendidikan yang dimandatkan kepada Kabupaten Pamekasan, terus diperbaharui dengan berbagai inovasi pembangunan yang dilakukan oleh Bupati dan Wakil Bupati Pamekasan Baddrut Tamam dan Raja’e.

Salah satu inovasi dalam meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya di lingkungan pendidikan pesantren, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan  memberikan bantuan kendaraan pengangkut sampah kepada pesantren yang ada di wilayah setempat.

Sejauh ini, Pemkab Pamekasan sudah menyalurkan bantuan 6 unit motor pengangkut sampah kepada pesantren. Diantaranya, Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar, Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata, Pondok Pesantren Al-Hamidy, Pondok Pesantren Sumber Bungur Pakong, dan Pondok Pesantren Miftahul Ulum Bettet

“Hari ini ditambah satu unit lagi yang diserakan ke Pondok Pesantren Al-Mujtama’,” ungkap Baddrut Tamam, Rabu (8/7/2020).

Menurutnya, pemberian bantuan yang diberikan kepada Pondok Pesantren Al-Mujtama’ Pamekasan, merupakan penambahan bantuan yang sebelumnya sudah diserahkan ke enam pondok pesantren lainnya.

Tidak hanya itu, pihaknya menuturkan bahwa bantuan kendaraan pengangkut sampah tersebut berasal dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2020. Bantuan itu disalurkan ke pondok pesantren untuk menunjang peningkatan kualitas pendidikan.

“Slogan kebersihan sebagian dari iman sudah tidak asing bagi masyarakat. Dengan begitu, masyarakat sudah memahami bahwa kebersihan menjadi salah satu aspek penting yang harus diperhatikan, terutama untuk mendorong terciptanya lingkungan bersih, serta go green,” ujarnya.

Dirinya menjelaskan, Pemkab Pamekasan akan terus mendorong peningkatan pembangunan di bidang pendidikan, khususnya pendidikan pesantren. Dirinya meyakini, pesantren akan menjadi salah satu lembaga pendidikan berbasis agama yang akan mencetak pemimpin-pemimpin berkualitas di masa yang akan datang.

Dirinya berharap, pondok pesantren yang ada di Pamekasan, terus berlomba-lomba untuk menjaga kebersihan dan menciptakan lingkungan gogreen di pesantren. Sebab semakin banyak santri, maka akan semakin banyak sampah yang dihasilkan.

Oleh karena itu, dengan bantuan motor pengangkut sampah itu, dirinya berharap bantuan itu bisa bermanfaat untuk menciptakan lingkungan pondok pesantren yang hijau dan bersih.

“Pemimpin masa depan pasti lahir dari kepribadian yang bagus, keluarga yang bagus serta pendidikan yang bagus. Pesantren sebagai lembaga pendidikan harus bisa mewujudkan hal tersebut dengan ditunjang oleh lingkungan yang bersih dan sehat,” pungkasnya (Ifa/Pin/*)

 

Komentar

News Feed