oleh

Pemkab Pamekasan Nilai Fasilitas Talang Siring Memadai

Kabarmadura.id/PAMEKASAN – Komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan untuk mengembangkan pariwisata patut dipertanyakan. Pasalnya, pengembangan fasilitas di sejumlah lokasi wisata belum diperhatikan.

Pantai Talang Siring misalnya, sebagai salah satu lokasi wisata yang digadang-gadang sebagai salah satu penyumbang pendapatan asli daerah (PAD) di Pamekasan. Fasilitas berupa air mancur yang berada di sisi timur area Pantai Talang Siring, dibiarkan terbengkalai.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Pamekasan, Achmad Sjaifuddin menyampaikan, penambahan fasilitas di Pantai Talang Siring sudah dianggap cukup. Saat ini pihaknya fokus untuk membangun  ekowisata mangrove. Standar minimalnya sudah dianggap cukup sehingga berdalih ke  pengembangan dan pembangunan wisata lain.

“Memang belum dilengkapi fasilitas itu. Sebab, biaya operasionalnya tinggi yakni butuh pompa air mancur,” katanya, Kamis (21/03).

Dijelaskan, berdasarkan hasil evaluasi dengan  kelompok sadar wisata (Pokdarwis), kolam renang anak di area wisata paling barat itu sudah dianggap mewakili keberadaan fasilitasnya. Jadi menurutnya dari pada pengadaan pompa air mancur lebih baik menggunakan fasilitas yang ada di sana.

“Anak-anak senang ada di sana sehingga ada banyak wisatawan yang bermunculan di sana,” paparnya.

Hal berbeda disampaikan oleh anggota legislatif Kabupaten Pamekasan. Ismail, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Pamekasan, mengaku kecewa karena destinasi wisata yang sangat berpotensi menambah PAD kabupaten setempat tidak dikelola dengan tepat.

“Kami kecewa karena pemkab telah menghamburkan uang yang banyak tapi tidak dapat dinikmati sebagai mestinya oleh masyarakat,” tegas Ismail.

Sementara itu, Ketua Komisi IV DPRD Pamekasan Muhammad Sahur menyampaikan, pengembangan fasilitas itu harus segera diselesaikan secara bertahap. Fasilitas yang ada segera difungsikan dan dilengkapi. Dari pada banyak destinasi wisata tanpa perawatan yang optimal. Sebaiknya lebih fokus untuk memyempurnakan potensi wisata yang ada. (km45/pai)

Komentar

News Feed