oleh

Pemkab Pamekasan Pastikan Tidak Ada Calo Rekrutmen CPNS

Kabarmadura.id/Pamekasan-Pelaksanaan tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Pamekasan, sudah berlangsung sejak 15 Februari kemarin. Tes itu akan berlangsung hingga 26 Februari 2020 mendatang. Dalam pelaksanaan tes itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, memastikan tidak ada calo yang bisa melakukan intervensi pada hasil tes. Terlebih, tes dilaksanakan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Pamekasan Totok Hartono, segala bentuk persiapan untuk melancarkan proses tes CPNS tahun 2020 sudah dilakukan dengan semaksimal mungkin.

Dengan persiapan yang matang itu, pihaknya memastikan tidak aka nada calo atau oknum yang bisa mengintervensi terhadap proses rekrutmen berbasis online yang telah disiapkan oleh pemerintah.

“Masing-masing peserta itu punya pin yang keluar pada saat itu juga, bagaimana mungkin ada calo, HP ada diluar semua,” paparnya, Minggu (16/2/2020).

Totok menegaskan, penggunaan sistem CAT dalam pelaksanaan tes rekrutmen CPNS, akan menutup ruang oknum yang hendak bermain curang dalam pelaksanaan tes. Sebab menurutnya, penggunaan sistem CAT terkoneksi dengan sistem yang dimiliki oleh pantia seleksi pusat.

“Karena tidak bisa masuk ke sistem,  tidak bisa masuk ke server, begitu setelah dimulai BKN (Badan Kepegawaian Negara) yang menjaga,” tuturnya.

Sementara itu, pada hari pertama pelaksanaan tes CPNS di Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pamekasan, Sabtu (15/2/2020) kemarin, panitia seleksi (pansel) rekrutmen CPNS mendapati salah satu peserta membawa jimat ke lokasi tes yang berada di Jalan Bonorogo Pamekasan itu.

Kendati kedapatan membawa jimat, pansel tetap memberikan kesempatan pada peserta itu untuk mengikuti tes Seleksi Kompetisi Dasar (SKD). Hanya, jimat yang dibawa tersebut terpaksa diamankan oleh petugas paniti seleksi.

“Satu peserta kedapatan membawa jimat. Padahal sebelumnya sudah diimbau agar tidak membawa apapun selain KTP asli dan kartu tes,” kata salah satu panitia pelaksana Tes CPNS BKPSDM Pamekasan, Yudis.

Untuk diketahui, tes SKD di BKPSDM Pamekasan diikuti oleh 5.750 peserta yang lolos seleksi administrasi. Nantinya, pansel akan mengambil 450 peserta untuk mengisi kuota formasi CPNS di Pamekasan. Rinciannya, 269 orang dari tenaga pendidik, 120 orang untuk tenaga teknis lainnya. (rul/pin)

 

Komentar

News Feed