Pemkab Pamekasan Siagakan 336 Nakesuntuk Proses Vaksinasi

  • Whatsapp
(FOTO: KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) PENYAKIT: Dinkes Pamekasan telah menyiapkan 336 orang tenaga kesehatan yang dilatih menjalankan vaksinasi.

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN-Kendati direncanakanakan berlangsung pada 14 Januari 2020, hingga saat ini belum ada satupun vaksin Covid-19 yang tiba di Pamekasan. Namun Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan telah menyiapkan 336 orangtenaga kesehatan yang dilatih menjalankan vaksinasi.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes Pamekasan, Nanang Suyanto, kesiapan tenaga medisnya yang dilatih, mulai dari vaksinatornya hingga petugas screening dan administrasinya. Agar saat penjawadwalan vaksinasi dimulai, bisa langsung dengan sigap.

Bacaan Lainnya

“Kami belum tau kapan vaksinnya akan dikirim, vaksin itu nanti akan disimpan diruang vaksin di Dinkes yang akan didistribusikan kepada setiap puskesmas pada saat pelayanan,”paparnya, Selasa (5/1/2020).

Lokasi vaksinasi Covid-19 sudah direncanakan bertempat di 21 puskesmas yang tersebar di 13 kecamatan di Pamekasan. Sehingga proses vaksinasi kepada 6 prioritas vaksinasi akandilayani dilokasi tersebut, dengan batasan 2 hari dalam sepekan dan setiap harinya hanya membukan layanan selama 3 jam.

“Pelayanan vaksinasi tidak setiap hari, puskesmas, membuka layanan vaksin maksimal dalam 1 minggu 2 kali, ada yang 1 kali, satu kali sesi maksimal 2 puluh layanan sasaran, jadi 20 sasaran terlampaui sudah selesai pada hari itu layanannya,”ungkapnya.

Vaksinasi akan dilakukan 2 kali pada setiap individu.Sehingga untuk vaksinasi berikutnya, ada rentang waktu sekitar 14 hari, supaya daya tahan tubuhnya bisa teratasi dengan baik.

“Jadi nanti vaksin turun dan tanggal 14 itu bisa dilaksanakan maka puskesmas sudah siap, tenaga sudah dilatih vaksinatornya, biasa setiap puskesmas 2 tim, masing tim ada 18 tenaga yang dibutuhkan,”pungkasnya. (rul/waw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *