Pemkab Pamekasan Stop Pendamping Program WUB

News61 views

|KABAR MADURA  Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Ketenagakerjaan (Diskop, UKM, dan Naker) Pamekasan, tidak lagi memperpanjang kontrak 44 pendamping wirausaha baru (WUB), karena program yang dikenal sepuluh ribu pengusaha baru (Sapu Tangan Biru) tak lagi menjadi program prioritas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, dan tidak lagi dianggarkan pada anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2024.

Meski demikian, khusus dana channeling WUB tetap diberikan bagi pengusaha alumni pelatihan kewirausahaan program sapu tangan biru.

Banner Iklan Stop Rokok Ilegal

Kepala Diskop, UKM, dan Naker Pamekasan Muttaqin mengatakan, penghapusan program WUB sudah menjadi keputusan bersama Pemkab Pamekasan, karena tidak ada satupun anggarannya yang dipersiapkan pada 2024, selain memang program tersebut merupakan program prioritas yang usung oleh Bupati Pamekasan Baddrut Tama periode 2019-2024.

Baca Juga:  DPMD Pamekasan Usulkan 6 BUMDes Peroleh Bantuan Keuangan

“Kalau kedepan ada anggaran lagi mungkin bisa dilanjutkan kembali, tetapi kan sekarag tidak ada. Kalau pun ada pelatihan itupun skalanya kecil, bisa ditangi oleh tenaga yang ada di kami,” paparnya, Rabu (21/2/2024).

Dia menjelaskan, pendamping WUB itu masa kerjanya hanya setiap tahun, sehingga setiap tahunnya diperpanjang kontraknya, karena pada tahun sebelumnya masih ada program WUB, guna memberikan pendampingan bagi pengusaha jebolan WUB mendapatkan akses permodalan dan kemudahan perizinan.

Adapun untuk saat ini tupoksi tersebut diurus oleh stafnya, mereka sedari awal juga mengerti dan juga memberikan pendampingan kepada jebolan WUB.

Baca Juga:  Ratusan Ribu KPM di Pamekasan Belum Terima BLT El Nino

Bahkan untuk dana channeling khusus WUB tidak dihapus sebesar Rp6 miliar dengan bunga nol persen. Apabila terdapat pengusaha jebolan WUB ingin mengajukan pinjaman tetap akan dilayani, asalkan bisa menunjukan sertifikat pelatihan WUB dengan bunga nol persen.

“Channeling itu totalnya Rp15 miliar, Rp6 miliar dikhususkan kepada WUB denan Bungan nol persen, selebihnya untuk pelaku usaha lainnya dengan Bungan 6 persen,” ujarnya.

Pewarta: Khoyrul Umam Syarif
Redaktur: Miftahul Arifin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *