Pemkab Pamekasan telah Salurkan Beasiswa untuk 4. 656 Santri dan Mahasiswa


Pemkab Pamekasan telah Salurkan Beasiswa untuk 4. 656 Santri dan Mahasiswa
(KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) MENANJAK: Pemkab Pamekasan dalam tiga tahun terakhir telah menyalurkan beasiswa untuk 4.656 warga, baik dalam program beasiswa santri maupun beasiswa kedokteran.

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan telah memberikan beasiswa untuk 4.656 warga Pamekasan. Beasiswa tersebut, sebagaimana program Bupati Pamekasan Baddut Tamam, terdapat dua jenis, yakni beasiswa santri dan beasiswa kedokteran.

Menurut Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Kabupaten (Setkab) Pamekasan Abrari Rais, program beasiswa merupakan salah satu program prioritas pada bidang pendidikan di masa pemerintahan Bupati Pamekasan Baddrut Tamam dan Wakil Bupati (Wabup) Pamekasan Fattah Jasin.

Beasiswa santri telah disalurkan untuk 4.652 santri. Untuk mencapatkannya cukup mudah, yakni calon penerimanya mampu memenuhi salah satu dari tiga unsur yang dikualifikasikan, antara lain siswa berprestasi, hafid Al-Quran minimal dua juz yang dibuktikan dengan sertfikat, dan masyarakat prasejahtera yang ditunjukkan dengan surat keterangan tidak mampu (SKTM).

“Program beasiswa santri sudah berlanjut selama tiga tahun, spiritnya untuk keberlangsungan pendidikan,”tutur Abrari, Selasa (20/9/2022).

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdikbud) Pamekasan Akhmad Zaini mengatakan, program beasiswa kedokteran sudah berjalan sejak tahun 2021 lalu, ada empat orang yang sedang dibiayai pemkab untuk menempuh pendidikan di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair).

Untuk tahun 2022, juga terdapat empat orang yang sedang diajukan untuk diverifikasi menjadi penerima beasiswa kedokteran. Jumlah tersebut dari hasil penyaringan 38 orang yang difasilitasi. Namun setelah Unair melakukan seleksi, hanya empat orang yang lulus. Dalam seleksi itu, pemkab tidak melakukan intervensi.

Beasiswa yang disiapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, diberikan kepada mereka yang sudah lolos seleksi sebagai mahasiswa kedokteran. Adapun kategorinya, berprestasi, praseajhtera, dan hafid Al-Quran.

“Peningkatan layanan masyarakat, sebab dokter-dokter yang dibiayai pemerintah, kami yakin layanannya akan semakin bagus,” ujarnya.

PENERIMA BEASISWA PEMKAB PAMEKASAN

Total penerima:  4.656 orang

  • Beasiswa Kedokteran: 4 mahasiwa (2021)
  • Beasiswa Santri:  652 santri

2020: 1.652 santri 

Pesantren mitra: 61 lembaga

2021: 2.000 santri

Pesantren mitra: 92 lembaga

2022: 1.000  santri

Pesantren mitra: 110 lembaga

Reporter: Khoyrul Umam Syarif

Redaktur: Wawan A. Husna