oleh

Pemkab Resmikan Puskesmas di Pulau Mandangin

Kabarmadura.id/SAMPANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang meresmikan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang baru saja dibangun pada tahun 2018 di desa Mandangin, Kecamatan Sampang, pada hari Selasa (26/3). Peresmian Puskesmas itu merupakan komitmen di bidang kesehatan demi terwujudnya derajat hidup masyarakat yang lebih baik.

Adapun dasar hukum didirikannya puskesmas perawatan di pulau Mandangin tersebut, mengacu pada Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) RI nomor 75 tahun 2014 tentang puskesmas dan Surat Keputusan (SK) Bupati Sampang nomor 188.45/65/Kab/434.022/2019 tentang puskesmas Mandangin.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinkes Sampang Agus Mulyadi menuturkan, peresmian puskesmas ini sangat bersejarah khususnya bagi masyarakat pulau Mandangin, karena sebelumnya tidak ada puskesmas untuk melayani masyarakat Pulau Mandangin. Hal ini juga menambah jumlah puskesmas yang ada di Sampang menjadi 22.

”Tujuan dibangun dan diresmikannya Puskesmas ini, yakni demi tercapainya peningkatan pengetahuan, kesadaran dan kemampuan hidup sehat masyarakat untuk meraih derajat hidup yang setinggi tingginya,” tutur Agus Mulyadi, kemarin (26/3).

Ia menjelaskan, penduduk Pulau Mandangin berjumlah 18.694 jiwa dari 7.200 kepala keluarga (KK). Untuk itu, dalam rangka meningkat pelayaan kesehatan yang memadai dan memenuhi standart maka dipandang perlu adanya fasilitas kesehatan tingkat pertama di pulau Mandangin itu. Tenaga kesehatan yang tersedia di Puskesmas Mandangin itu, meliputi dokter umum, perawat dan bidan kesehatan masyarakat, analis laboratorium, teknisi dan administrasi.

”Fasilitas pelayanan kesehatan yang tersedia di Puskesmas Mandangin ini relatif sudah memadai, yakni pemeriksaan umum, kesehatan ibu, keluarga berencana (KB), imunisasi, emergensi dan yang berbeda, sudah bisa melayani rawat inap, pelayanan laboratorium serta pelayanan upaya kesehatan masyarakat lainnya,” ungkap pria asal Sumenep itu.

Sementara itu, Bupati Sampang H. Slamet Junaidi berharap, keberadaan puskesmas itu nantinya jangan sampai terbengkalai. Dengan demikian, pihaknya menghimbau kepada dinkes khususnya, untuk menempatkan SDM yang profesional di bidangnya, serta terus tingkatkan pelayanan kepada masyarakat.

”Kami himbau hadirnya puskesmas ini harus mengedepankan pelayanan yang terbaik dan berkualitas, maka kita rawat bersama keberadaan puskemas ini, sehingga warga dapat meraih derajat hidup yang lebih baik dan setinggi-tingginya,”singkatnya.

Untuk diketahui, pelaksanaan peresmian puskesmas perawatan itu bertempat di Balai desa Pulau Mandangin Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang. Turut hadir Bupati Sampang H. Slamet Junaidi, sekretaris daerah (Sekda), forum komunikasi pemerintah daerah (Forkompimda), sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), Kapolres Sampang, TNI, Dandim 0828, pegawai kecamatan, aparat desa dan para tokoh masyarakat desa setempat serta para tamu undangan lainnya.(sub/pai)

Komentar

News Feed