oleh

Pemkab Sampang Didesak Libatkan Masyarakat Kembangkan Wisata

Kabarmadura.id/Sampang-Belakangan ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang terus menggalakkan pembangunan dan pengembangan destinasi pariwisata di berbagai wilayah. Keseriusan Pemkab dalam mengembangkan destinasi wisata itu, mendapat dukungan dari sejumlah kalangan, termasuk salah satunya Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sampang.

Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Sampang KH Itqon Busiri mengatakan, pembangunan destinasi pariwisata merupakan langkah yang bagus, untuk meningkatkan roda perekonomian masyarakat di wilayah itu.

Tetapi kata dia, semua destinasi wisata yang akan dikembangkan oleh Pemkab itu, tentunya harus diawasi dan dikendalikan oleh tokoh agama dan masyarakat. Sehingga setelah selesai dibangun, nantinya destinasi wisata bisa dioperasikan sesuai kaidah dan koridor, serta menjunjung tinggi kearifan lokal.

“Kami sangat setuju pengembangan dan pembangunan sektor wisata ini, tapi dengan catatan harus melibatkan masyarakat, mulai proses hingga pengawasannya,” kata KH Itqon Busiri saat menerima kunjungan silaturahmi Aliansi Jurnalis Sampang (AJS), beberapa waktu lalu.

Untuk itu, pihaknya meminta agar masyarakat tidak menolak pembangunan yang telah diprogramkan oleh Pemkab Sampang. Karena menurutnya, niat untuk membangun wisata di Sampang bagus demi meningkatkan perekonomian masyarakat, akan tetapi seluruh elemen masyarakat dapat mengawasi secara ketat setelah pembangunan itu dioperasikan.

Bahkan, pihaknya meminta kepada Pemkab, untuk membangun fasilitas hotel, agar supaya perekonomian di Sampang terus berkembang dan mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Tentunya dalam hal itu, masyarakat harus dilibatkan dan memiliki peran kontrol, sehingga masyarakat dapat juga melakukan pengawasan agar pengembangan wisata tidak mencederai kearifan lokal.

“Kalau pembangunannya jangan ditolak, tetapi kita awasi bersama supaya tidak keluar dari jalur hukum yang benar, serta adanya pembangunan itu juga ada sinergitas dan diharapkan bisa mendongkrak perekonomian warga,” terangnya.

Menanggapi hal itu, Bupati Sampang H. Slamet Junaidi menegaskan, dirinya tidak akan mengabaikan adat dan budaya lokal dalam pengembangan dan pembangunan pariwisata. Pihaknya terus melakukan komunikasi dan koordinasi dengan tokoh agama dan masyarakat dalam menyusun program serta pelaksanaannya.

“Tentunya kami libatkan semua pihak, baik dalam perencanaan dan pelaksanaan serta pengawasannya.  Karena saya dalam memimpin ini diniatkan ibadah dan tulus ingin membuat perubahan untuk kemajuan Sampang yang kita cintai ini,” singkatnya. (sub/pin)

 

Komentar

News Feed