oleh

Pemkab Sampang Gelar Musyawarah RPJMD

Kabarmadura.id/SAMPANG-Bertempat di aula Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ketapang, Bupati Sampang Slamet Junaidi secara langsung membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Sampang tahun 2019-2024.

Dalam pemaparannya, Bupati Sampang Slamet Junaidi menyampaikan, pelaksanaan Musrenbang RPJMD Kabupaten Sampang Tahun 2019-2024 sepatutnya menjadi perhatian bersama, karena akan menjadi pijakan untuk melaksanakan pembangunan di Kabupaten Sampang dalam masa jabatannya ke depan.

“RPJMD yang segera akan ditetapkan merupakan penjabaran visi misi yakni terwujudnya Kabupaten Sampang hebat bermartabat,” katanya.

Sebagaimana visi yang diusung pemerintahannya bernama “Sampang Hebat dan Bermartabat”, akan dijabarkan dalam RPJMD tersebut sebagai program kerja selama lima tahun.

Makna Hebat adalah gambaran suatu keberhasilan pembangunan yang dilakukan melalui proses perubahan yang cepat, tepat, dan bermanfaat dengan semangat bangkit bersama dan bersatu menuju masyarakat sejatera.

Sedangkan, Bermartabat adalah perwujudan keadaan masyarakat yang mandiri, maju, berakhlak mulia yang senantiasa berlandasan taqwa kepada Allah SWT/Tuhan yang maha esa.

Perwujudan visi pembangunan, ditempuh melalui misi untuk mewujudkan SDM yang berbakat dan bersaing, mengembangkan kemandirian ekonomi daerah dan desa berbasis pengelolaan potensi lokal dan ekonomi kreatif, meningkatkan pembangunan infrastruktur yang berkualitas dan berkelanjutan.

Selain itu, untuk memperkuat tata kelola pemerintahan dan desa yang akuntabel serta transparan berorientasi pelayanan publik, mewujudkan keharmonisan kehidupan masyarakat yang waspada, tanggap, tertib damai, dan bersatu.

“Kami berharap penjelasan visi misi ini dapat menyatukan pemahaman antara Pemkab Sampang dengan DPRD Kabupaten Sampang dalam mengantarkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat dalam kurun waktu lima tahun ke depan,” paparnya.

RPJMD dimaksud akan dijadikan pedoman dalam penyusunan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) dan rencana strategi (renstra) perangkat daerah, di mana setiap proses penyusunan dokumen perencanaan pembangunan  tersebut diperlukan koordinasi antara instansi pemerintah dan partisipasi seluruh pemangku kepentingan pembangunan.

“Semoga Musrenbang ini dapat mengakomodasi berbagi kepentingan dan kebutuhan masyarakat secara luas dalam mewujudkan cita-cita masyarakat Kabupaten Sampang,” harapnya. (awe/waw/km)

Komentar

News Feed