oleh

Pemkab Sampang Gelar Upacara Kepahlawanan

KABARMADURA.ID, Sampang -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan pada 10 November tahun 2020.

Digelar di depan kantor Pemkab Sampang sekitar pukul 07.00 pagi,turut hadir dalam kegiatan tersebut, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sampang, semua kepala OPD di Sampang dan istansi-istansi lainnya.

Wakil Bupati SampangH. Abdullah Hidayat didaulat menjadi pemimpun upacara, Dalam sambutannya, dia menyampaikan bahwa pada tanggal 10 November ini merupakan momen refleksi untuk memberi makna atas pengorbanan para pahlawan yang telah gugur dengan menyalakan jiwa nilai-nilai kepahlawanan dalam perjuangan mengisi kemerdekaan Indonesia.

Pada peristiwa pertempuran 10 November 1945, arek-arek Surabaya melawan pasukan Sekutu yang diboncengi Belanda, cukup banyak memakan korban jiwa, tumpahan darah. Dan peristiwa ini menjadi sejarah yang menandai gerakan mempertahankan kemerdekaan  setelah proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945.

Baginya, Hari Pahlawan tidak cukup hanya diingat setiap 10 November, namun perjuangan dan pengorbanannya perlu terus dikenang sepanjang masa sebagaimana tema kali ini, yakni Pahlawanku Sepanjang Masa.

Sehingga, yang telah dilakukan dapat menginspirasi dan memotivasi, semua masyarakat dapat meneruskan perjuangannya. Dan ini sebagai bakti para pahlawan yang diharapkan dapat menginspirasi dan memotivasi kita untuk meneruskan perjuangan mereka.

“Jika dulu kita berjuang dengan mengangkat senjata, kini kita berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa seperti kemiskinan, bencana alam, narkoba dan paham radikal termasuk wabah Covid-19,” ungkapnya, Selasa (10/11/2020).

Meskipun dalam masa wabah Covid-19, peringatan hari pahlawan tahun ini diharapkan tidak kehilangan maknanya.Akan tetapi, sebaliknya, bisa memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa agar terus bersatu mengutamakan persatuan dan kesatuan.

Karena, semangat kepahlawanan yang terus menyala dapat dijadikan sebagai motor penggerak dalam upaya kita mengisi kemerdekaan untuk mewujudkan cita cita pendiri negeri ini.

Dan apabila setiap anak bangsa tertanam semangat dan nilai kepahlawanannya, maka ia akan bisa menyelesaikan masalah bangsa.

“Mari tunjukan kontribusi kita kepada bangsa dan negara dengan menjadi pahlawan masa kini yang memiliki empati untuk menolong sesama saling menghargai dan menghormati satu sama lain,” harapnya.

Usai pelaksanaan upacara, Wakil Bupati Sampang Abdullah Hidayat bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sampang menyerahkan uang pembinaan kepada kedua pemuda daerah asli Kabupaten Sampang yang berprestasi di tingkat nasional dan provinsi.

Kemudian dilanjutkan dengan melakukan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Jalan Kusuma Bangsa bersama Forkopimda dan seluruh pejabat organisasi perangkat daerah (OPD). (mal/waw)

Komentar

News Feed