oleh

Pemkab Sampang Kembali Kucurkan Dana Pembebasan Lahan Serpang Rp10 M

Kabarmadura.id/Sampang- Progres pembebasan lahan untuk pembangunan jembatan yang menyambungkan antara Kecamatan Sreseh dengan Kecamatan Pengarengan (Serpang) masih sekitar 50 persen. Pembebasan itu masih 15 hektar dari total luas lahan yang dibutuhkan sebanyak 31,8674 hektar.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Perencanaan dan Penelitian, Pengembangan Pembangunan Daerah (Bapelitbangda) Kabupaten Sampang Umi Hanik Laila mengatakan, untuk melanjutkan proses pembebasan lahan Serpang, pihaknya kembali menganggarkan melalui perubahan anggaran keuangan (PAK) APBD tahun anggaran berjalan sebesar Rp10 miliar.

Kata dia, Serpang itu sudah masuk program nasional yang tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) nomor 80 tahun 2019 tentang percepatan pembangunan ekonomi di berbagai kawasan, termasuk di Kabupaten Sampang. Untuk itu, pemerintah daerah memiliki beban untuk melaksanakan pembebasan lahannya, sementara untuk pembangunannya dilaksanakan pemerintah pusat.

“Untuk melanjutkan pembebasan lahan serpang ini, kita anggarkan Rp10 miliar. Sementara lahan yang sudah dibebaskan sekitar 50 persen,” kata Umi Hanik melalui pesan singkatnya, Kamis (17/09/2020).

Kepala Bidang (Kabid) Prasarana Wilayah dan Tata Ruang Bappelitbangda Sampang Abdul Rachman menguraikan, proses pembebasan lahan memang dilaksanakan secara bertahap seta disesuaikan dengan ketersedian anggaran. Pembebasan lahan sejatinya sudah dimulai sejak tahun 2019 lalu dan ditargetkan tuntas pada tahun 2021 mendatang.

“Jika tidak ada kendala, pembebasan lahan serpang ini ditargetkan selesai tahun depan,”janjinya.

Lanjut Rachman, manakala nanti proses pembebasan lahan tuntas, maka tinggal diajukan kepada pemerintah pusat guna dilakukan proses pembangunan serpang tersebut, bahkan pihaknya mengaku sudah meminta dukungan kepada pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Berdasarkan catatan Kabar Madura, pada tahun 2019 lalu, Pemkab Sampang sudah kucurkan anggaran untuk pembebasan lahan Serpang itu sebesar Rp20 miliar, pada tahun ini Rp10 miliar, Pasalnya sepanjang kawasan Serpang terdapat sebanyak lima jembatan yang harus dibangun, (sub/mam).

Komentar

News Feed