oleh

Pemkab Sampang Kembali Sabet Opini WTP dari Kemenkeu

KABARMADURA.ID, Sampang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang kembali menerima penghargaan dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI).

Prestasi itu atas keberhasilan penyusunan dan menyajikan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2019 dengan predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Penghargaan diberikan di Convention Hall Lantai 3 Grand City, Surabaya, pada Senin (19/10/2020).

Opini WTP dari pemerintah pusat itu diserahkan secara langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kepada Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat, turut disaksikan Ketua DPRD Sampang Fadol.

Pemkab Sampang telah dua kali berturut-turut memperoleh penghargaan opini WTP atas Laporan Keuangan Daerah pada tahun 2018 dan 2019.

Kepada awak media, Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat menuturkan, dengan mendapatkan predikat opini WTP itu, menunjukkan bahwa LKPD Sampang sudah sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP). Raihan pestasi itu merupakan hasil kerja keras dari seluruh pihak terutama organisasi perangkat daerah (OPD) dalam penyusunan laporan keuangan.

Dirinya mengaku gembira dan patut bersyukur atas prestasi predikat opini WTP LKPD yang kedua. Hal itu menunjukkan Pemkab Sampang memiliki keinginan yang kuat dan bersungguh-sungguh untuk membenahi sistem keuangan atau penggunaan keuangan daerah secara baik, transparan dan akuntabel.

“Kami patut bersyukur atas predikat opini WTP dari Kemenkeu ini, kami harap prestasi yang membanggakan ini dapat dijadikan cambuk untuk terusberupaya melakukan pembenahan di tataran birokrasi kearah yang lebih baik,” tutur mantan ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kabupaten Sampang itu.

Pria yang akrab disapa Haji Ab itu mengajak semua OPD agar lebih giat dan semangat dalam bekerja untuk mengabdi kepada masyarakat. Pihaknya mengingatkan agar terus mempertahankan predikat opini WTP tersebut.

Untuk itu, semua OPD ditekankan untukterus meningkatkan koordinasi dan kerja sama nyata dari semua pihak dan elemen masyarakat di daerah yang berjuluk Kota Bahari ini. Sehingga kedepan,pengelolaan keuangan semakin baik dan menjadi percontohan serta visi Sampang Hebat Bermartabat benar-benar terealisasi.

“Kami akan terus evaluasi dan tetap mempertahankan predikat opini WTP atas pelaporan dan penyajian keuangan ini. Prestasi ini harus dijadikan pelecut untuk terus lebih baik kedepannya,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sampang Fadol mengaku bangga dan sangat mengapresiasi atas keberhasilan pemkab dalammeraih opini WTP dari pemerintah pusat terhadap LKPD untuk yang kesekian kalinya. Prestasi itu merupakan tantangan untuk terus dipertahankan.

“Kami sangat mengapresiasi, semoga semua sektor kedepannya bisa lebih baik dan visi Sampang Hebat Bermartabat benar-benar terwujud,” harapannya. (sub/waw)

 

Komentar

News Feed