oleh

Pemkab Sampang Masih Longgarkan ASN yang Hendak Bepergian ke Luar Daerah

Kabarmdura.id/Sampang-Di tengah wabah Covid-19, para aparatur sipil negara (ASN) di Kabupaten Sampang, masih diperbolehkan melaksanakan kegiatan atau bepergian ke luar daerah. Padahal, pemerintah pusat sudah melarang masyarakat melakukan mudik, karena dikhawatirkan akan terjadi penularan Covid-19.

Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Kabupaten Sampang Yuliadi Setiawan mengatakan, para abdi negara tetap diperbolehkan melakukan perjalanan ke luar daerah dengan persyaratan tertentu. Bagi ASN yang akan melakukan bepergian ke luar daerah dan atau kegiatan mudik pada masa kedaruratan wabah Covid-19 menjadi dilema dan dijadikan alasan bagi abdi negera melakukan perjalanan ketika pemerintah pusat memperbolehkan alat transportasi beroperasi kembali di tengah wabah.

Lanjut dia, ASN memang dilarang mudik, tapi terakhir ternyata ada surat dari pusat, yakni tidak memberikan mudik tapi transportasi diperbolehkan. Hal itu yang menurutnya menjadi alasan bagi ASN untuk melakukan perjalanan ke luar daerah.

“ASN tetap diperbolehkan bepergian ke luar daerah dengan sejumlah persyaratan khusus, yakni harus ada surat dan izin dari bupati selaku pejabat pembina kepegawaian (PPK), surat keterangan sehat yang dibuktikan dengan surat dari instansi kesehatan maupun rumah sakit, tujuannya harus jelas yakni mau kemana, berapa hari, tinggal dimana dan berapa lama serta pulangnya kapan,” kata Yuliadi Setiawan, Kamis (21/5/2020).

Pria yang akrab disapa Wawan itu menjelaskan, setelah ASN itu pulang dari perjalanan luar daerah, maka diharuskan untuk menjalankan standar protokol Covid-19.  Manakala yang bersangkutan melanggar, tentu ada sanksi yang disesuaikan dengan tingkat kesalahan yang bersangkutan.

“Kalau sanksi jelas ada, untuk berat dan tidaknya tergantung tingkat kesalahan dari yang bersangkutan, lihat nanti saja sanksinya,” terangnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Sampang Fadol meminta pemkab terus melakukan upaya peningkatan pengawasan agar penyebaran wabah Covid-19 di Sampang tidak semakin parah. Pihaknya mengingatkan, dalam mengeluarkan izin bagi ASN yang mau bepergian atau tugas ke luar daerah harus hati-hati dan mempertimbangkan beberapa hal penting.

“Yang jelas izin bepergian bagi ASN ini harus diperketat, jangan sembarangan mengeluarkan, utamanya ke daerah rawan Covid-19 ini, karena potensi penularannya juga tinggi,” tandasnya. (sub/pin)

Komentar

News Feed