oleh

Pemkab Sampang Tiadakan Posko Mudik

Kabarmadura.id/Sampang-Pemerintah Kabupaten Sampang, terus melakukan upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Salah satu upaya yang dilakukan menjelang musim mudik lebaran, yakni dengan tidak mendirikan posko mudik.

Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Sampang Yulis Yuliadi mengatakan, tidak hanya posko mudik yang ditiadakan, akan tetapi fasilitas bagi para pemudik yang melintas saat ini juga tidak dianggarkan.

“Untuk tahun ini tidak ada posko mudik sesuai larangan yang disampaikan oleh pemerintah pusat,” ungkapnya, Minggu (26/4/2020).

Kendati demikian, pihaknya mengaku upaya pemantauan mudik tetap dilakukan melalui tiga posko penanganan Covid-19. Di antaranya yang terletak di Jembatan Timbang Kecamatan Jrengik, perbatasan Bangkalan-Sampang bagian utara, dan di Jalan Wijaya Kusuma Sampang.

Hal itu dilakukan, lantaran pihaknya meyakini masyarakat tetap akan melakukan mudik meski pemerintah telah melarang kegiatan mudik di tengah wabah Covid-19. Oleh karena itu, pihaknya tetap akan melakukan pendataan berbasis by name by address, serta pemeriksaan suhu tubuh bagi pemudik yang melintas di wilayah Sampang.

“Setelah data diri sudah didapatkan, kami akan mengirim identitas itu kepada posko kecamatan hingga posko desa untuk dilakukan pemantauan terhadap pemudik itu,” tuturnya.

Selain itu dirinya menjelaskan, adanya larangan mudik yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat, untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19. Sehingga dengan ini pihaknya berharap agar masyarakat Sampang yang merantau di luar kota sementara ini mengikuti larangan tersebut.

“Lebih baik kita bersabar tidak bertemu beberapa hari atau bulan di tengah wabah Covid-19 saat ini, dari pada kita mudik untuk bertemu dan akhirnya menyelakakan keluarga kita di rumah,” pungkasnya. (mal/pin)

 

Komentar

News Feed