oleh

Pemkab Sampang Wajibkan Desa Sisihkan DD untuk Cegah Covid-19

Kabarmadura.id/Sampang-Mewabahnya virus Corona atau Covid-19 di Indonesia, berdampak terhadap alokasi dana desa (DD) di Kabupaten Sampang. Pasalnya, dalam penggunaannya, DD harus disisihkan untuk kegiatan antisipasi pencegahan wabah Covid-19 tersebut.

Kepala Bidang Bina Pemerintah Desa DPMD Sampang Suhanto mengatakan, penggunaan DD untuk tahun 2020 ini, kepala desa harus menyisihkan anggarannya untuk melakukan pencegahan virus corona di desanya masing-masing. Kebijakan tersebut merupakan inisiatif dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang sendiri.

“Dampak dari wabah virus Corona, kepala desa harus menyisihkan anggaran DD untuk antisipasi pencegahan virus Corona,” ungkapnya, Kamis (26/3/2020).

Adapun untuk anggaran yang harus disisihkan oleh kepala desa, minimal Rp15 juta dari masing-masing desa se-Kabupaten Sampang.

Penggunaan anggaran tersebut dialokasikan untuk sosialisasi serta imbauan waspada, atau ajakan dari kepala desa untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona dengan pola hidup yang sehat dan tidak keluar rumah jika tidak penting. Karena untuk melakukan pencegahan penularan virus ini, pemerintah sedang serius agar jangan sampai terjadi penularan.

“Penggunaan anggatan tersebut munimal Rp15 juta, namun untuk maksimal tidak dibatasi, karena volume desa pasti tidak sama,” ungkapnya.

Tak hanya itu, anggaran Rp15 juta tersebut juga diperuntukkan untuk pembelian masker untuk masyarakat yang mengalami batuk dan bersin. Selain itu, pemerintah desa hatus melakukan penyemprotan deiinfektin ke masjid.

“Pemerintah desa harus turun tangan untuk melakukan antisipasi penularan virus, sehingga pemerintah desa harus membelikan masker terhadap masyarakat yang batu-batuk dan bersin. Selain itu pemerintah harus melakukan pemasangan tempat cuci tangan dan alat lainnya,” imbuhnya.

“Demi keselamatan bersama, Suhanto berharap masyarakat mempunyai kesadaran untuk mencegah virus corona ini, saya harap masyarakat jangan bergantung pada pemerintah saja,” tutupnya. (mal/waw)

 

Komentar

News Feed