Pemkab Sediakan Rp3,5 M untuk Pengadaan Alkes Covid-19

(FOTO: KM/ZUABIDI) SEMANGAT: Saat  BPBD Pamekasan melakukan penyemprotan desinfektan.

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan menyiapkan dana sebesar Rp3,5 miliar untuk pengadaan alat kesehatan (alkes) seperti pengadaan masker, hand sanitizer, disinfektan, dan alat kesehatan lainnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pamekasan Amin Jabir menyampaikan, dana Rp3,5 miliar dibagi kepada tiga institusi yang menangani persoalan tersebut; yaitu; BPBD, Dinas Sosial (Dinsos), dan Dinas Kesehatan (Dinkes) yang mana dananya diambil dari dana belanja tidak terduga (BTT).
“Namun saya dengar untuk tahun ini akan ada penambahan, sekitar Rp7,5 hingga Rp8 miliar tetap untuk tiga institusi,” terang Amin Jabir, Senin (26/7/2021).

Pihaknya menjabarkan, dari anggaran tersebut, saat ini BPBD telah menggunakan Rp3 juta rupiah untuk pengadaan alkes. Lebih lanjut, Amin Jabir menjelaskan, pihaknya belum bisa menghitung prosentase penyerapan alkes yang didistribusikan kepada masyarakat. Karena dalam hal ini, pihaknya mengaku hanya sebagai penyedia sesuai dengan prediksi kebutuhan.
“Yang jelas kita sudah mendistribusikan sekitar 50 box masker,” sambungnya.
Lebih lanjut, ia mengatakan, saat ini BPBD tidak bisa memenuhi semua permintaan masyarakat untuk pengadaan masker. Hal itu dikarenakan minimnya anggaran yang tersedia.
“Kita ini sifatnya stimulasi, jika ada masyarakat yang minta kami hanya bisa memenuhi 50 persen dari permintaan. Dan 50 persennya diharapkan ada kemandirian dari masyarakat,” tambahnya
Ia juga mengungkapkan bahwa untuk bulan ini BPBD menargetkan 100 kali aksi penyemprotan desinfektan terhadap tempat-tempat yang dianggap vital; seperti masjid, pasar, dan klaster rumah tangga.
“Ini kami lakukan agar sebaran Covid-19 tidak semakin meluas. Makanya kami imbau  masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan,” pungkasnya. (bai/maf)

Bacaan Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.