oleh

Pemkab Setujui Tambahan Dana Pilkada Rp10 M, Honor PPK dan PPS Kembali Naik

Kabarmadura.id/Sumenep-Penambahan dana khusus honorium tenaga adhoc Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) sudah dikabulkan pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep.

Ketua Komisioner KPU Sumenep Rafiki Tanzil mengatakan, pengajuan dana khusus honorarium tenaga adhoc sudah terkabukan. Maka, dirinya memastikan untuk gaji PPS dan PPK bertambah. Sebab, pemkab sudah menyetujui dengan alokasi tambahan Rp10 miliar.

“Rp10 miliar akan digunakan untuk honorium dan peralatan khusus Covid-19, saat ini masih menunggu pencairan dananya,” katanya, Senin (6/7/2020).

Penambahan honorium yang dimaksud yakni untuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), ketua akan mendapatakan honor Rp2,5 juta dari semula Rp2,2 juta. Untuk anggota akan mendapatkan Rp2,2 miliar dari semula Rp1,9 juta dan sekretaris akan mendapatkan Rp1,85 juta dari semula Rp1,55 juta. Pelaksana Staf/Administrasi dan Teknis akan mendapatkan Rp1,3 juta dari semula Rp1 juta.

Sedangkan, untuk Panitia Pemmungutan Suara (PPS), ketua akan mendapatkanRp1,5 juta dari semula Rp1,2 juta dan anggota Rp1,3 juta dari semula Rp 1,15 juta. Sedangkan sekretaris Rp1,15 juta dari semula Rp 1,1 juta, dan untuk staf akan mendapatkan Rp1,05 juta dari semula Rp1 juta.

“Untuk itu kamisaat ini mengurus pencairan hingga melalui penandatangan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD),” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Sumenep Edy Rasiadi mengakui penambahan honorarium ad hoc sudah disetujuai. Saat ini tinggal menunggu persetujuan DPRD Sumenep.

“Ya, saat ini sudah dikabulkan. Tapi, untuk pencairan masih menunggu ya,” paparnya.

Sebelumnya, Ketua KPU Sumenep A. Warist mengatakan, dengan adanya surat Kemenkeu RI dan dilanjutkan pada KPU RI, maka dana adhoc khusus PPK dan PPS akan bertambah. Landasan kenaikan tersebut adalah surat dengan nomor 9/KU.03.SD.01/KPU/I/2020 tentang penegasan kembali Honorarium Tenaga Ad hoc PPK dan PPS.

“Saat ini sudah diusulkan pada pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep,” tukasnya. (imd/pai)

Komentar

News Feed