oleh

Pemkab Sumenep Ajukan Pembangunan IPAL

KABARMADURA.ID, Sumenep –Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (P2KL),  mengagendakan program pembangunan instalasi pengolahan air limbah (IPAL) pada tahun 2021. Hal ini diungkapkan, Anggota Komisi IV DPR RI, Slamet Ariyadi, Minggu (08/11/2020).

Pihaknya berencana, memplotkan satu pembangunan IPAL di Pulau Madura. Sehingga air yang sudah tercemar atau tidak memiliki banyak fungsi bisa kembali bermanfaat, dengan dimasukkan ke alat yang dirancang membuang limbah biologis dan kimiawi dari air.

Tak ayal, air yang sudah dalam kondisi minim fungsi di Pulau Garam ini bisa segera teratasi. “Insya Allah 2021 ini di Madura. Itu ada satu titik. Tapi, kami belum melakukan ploting (spesifik). Bagaimana air yang kotor bisa dilakukan sanitasi agar bisa menjadi air konsumsi, menyiram dan sebagainya,” ujarnya, kepada Kabar Madura, Minggu (8/11/2020).

Selain itu, wakil rakyat asal Kabupaten Sampang itu berharap, pembangunan IPAL tahun 2021 di Madura, termasuk pondok pesantren (ponpes) juga bisa mendapatkan manfaat yang lebih dengan adanya program dari kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK RI) itu.

“Kedua bagaimana air yang sudah tercemar yang ada di ponpes itu bisa didaur ulang nantinya ke sistem IPAL, agar bisa menjadi air konsumsi di ponpes,” imbuhnya.

Mendengar informasi tersebut, Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Sumenep, Edi Rasiyadi menjelaskan, sejatinya daerah telah mengajukan sejumlah program ke pemerintah pusat. Salah satunya program air bersih. Pihaknya berharap, ketika pembangunan IPAL sudah diploting, pengajuannya bisa diterima guna meminimalisir air yang sudah minim fungsi.

Di samping itu, Edi membeberkan, pemkab telah mengajukan solar cell. Alat tersebut berfungsi untuk mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik dengan menggunakan prinsip efek photovoltaic. “IPAL air bersih sudah kami ajukan. Tidak hanya itu terus solar cell. Usulannya banyak, tapi tidak tahu yang mana yang di-ACC nanti,” tutup Edi. (idy/ito)

 

Komentar

News Feed