oleh

Pemkab Sumenep Anggarkan Rp2,9 M Untuk 3 Objek Wisata

Kabarmadura.id/SUMENEP-Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Sumenep tahun 2019 fokus terhadap pembenahan tiga lokasi wisata, yaitu

pantai wisata Lombang Kecamatan Batang-Batang, Slopeng Kecamatan Dasuk dan wisata Batu Canggha di Pulau Gili Iyang Kecamatan Dungkek.

Pembenahan berbagai tempat wisata itu dianggarkan RP2,9 miliar yang bersumber dari pusat lewat Anggaran Pengeluaran dan Belanja Daerah.

Menurut Kepala Bidang Pariwisata (Disparbudpora) Sumenep Imam Buchori, yang akan dibangun di lokasi tersebut adalah aminitas wisata, terutama di kedua pantai, Lombang dan slopeng. Sedangkan untuk pembangunan di Pulau Gili Iyang masih fokus ke akses menuju lokasi Batu Changga.

“Di sana (Gili Iyang, red) untuk sementara ini difokuskan pada objek Batu Canggha. Di Batu Changga itu kemarin pembebasan lahan, kemudian tahun ini kami rencanakan pembangunan akses jalan ke dalam, paving,” ungkap Imam, Kamis (11/4).

Anggaran terbanyak adalah di pantai Lombang, yaitu Rp2,2 miliar karena di sana akan dibangun menara pandang yang tingginya melebihi pohon cemara sehingga bisa melihat tempat-tempat di sekitar pantai Lombang yang eksotis. Sedangkan di Slopeng hanya Rp400 juta lebih untuk pembenahan gapura. Berikutnya pembangunan di Gili Iyang berupa gazebo sebanyak 10 unit.

Imam mengungkapkan bahwa pihaknya akan terus mengupayakan pembangunan dan pengembangan wisata di kabupaten yang dinobatkan sebagai Kota Keris ini. Untuk mewujudkannya, tidak bisa bergantung pada anggaran daerah maupun pusat tetapi harus ditopang dengan pihak ketiga yang mau berinvestasi mengembangkan wisata di Sumenep.

Sebab, lanjut Imam, destinasi wisata bisa dikatakan baik dan bisa dikelola apabila memenuhi tiga syarat, yaitu atraksi atau daya tarik tempat tersebut untuk dikunjungi, yang kedua adalah aminitas atau fasilitas yang tersedia di dalamnya dan yang terakhir adalah aksesbilitas atau akses menuju tempat wisata. (mad/rei)

Komentar

News Feed